Virus Corona

Medsos Di Tengah Pusaran Badai Covid-19

Bagai mimpi di siang bolong, pemerintah yang sedang fokus dalam pembangunan in­fra­struk­tur tol laut dan tol darat, omnibus law.

ist
Dr. Ir. H. ABDUL NADJIB S,.MM 

Oleh : Dr. Ir. H. ABDUL NADJIB S,.MM

Dosen FISIP Universitas Sriwijaya/ Pemerhati Kebijakan Publik Daerah

Bagai mimpi di siang bolong, pemerintah yang sedang fokus dalam pembangunan in­fra­struk­tur tol laut dan tol darat, omnibus law.

Tidak terkecuali Pengembangan SDM unggul, penyederhanaan biro­kra­si pe­me­rin­tahan, rencana pemindahan ibu kota negara, dll tiba-tiba datang badai Covid-19 yang menim­bul­kan kegaduhan nasional dan mampu menggeser semua program prioritas tersebut.

 Ba­dai ini juga me­maksa pemerintah untuk melakukan tindakan luar biasa dalam upaya melindungi rak­yat In­do­nesia dari bencana non alam yang sedang terjadi.

Bahkan David Harvey (2020) mem­ba­yangkan pandemic Covid-19 ini berpotensi memicu “riot and revolution” bagi negara yang sa­lah me­nang­ani bencana ini dengan tanpa dukungan penuh dari masyarakatnya.

Sejak 1 Januari 2020, WHO telah menetapkan Situasi Darurat Global Virus Corona, selanjutnya pe­merintah Indonesia mengumumkan Status Darurat Bencana Covid-19 terhitung sejak tanggal 29 Fe­bruari hingga 29 Mei 2020.

Hal ini memicu timbulnya beberapa kebijakan pemerintah yang ber­kaitan dengan aktivitas masyarakat, salah satunya adalah himbauan agar masyarakat melakukan so­cial distancing yang kemudian dirubah dengan physical distance atau mengurangi jumlah ak­ti­vi­tas di luar rumah dan mengurangi interaksi dengan masyarakat lain guna mencegah penularan pe­nyakit. 

Kebijakan tersebut membutuhkan media penyampai informasi yang cepat dan akrab ke­pada masyarakat, salah satu diantaranya adalah medsos (media sosial).

Eksklusif : Imbas Medsos di Down, Omset Pedagang Online Daring Nol
Eksklusif : Imbas Medsos di Down, Omset Pedagang Online Daring Nol (Sripoku.com / Rahmad Zilhakim)

Media sosial adalah plat­form internet yang memungkinkan bagi individu untuk berbagi secara segera dan berkomunikasi se­cara terus-menerus dengan komunitasnya (Valenza, 2014).

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved