Berita Palembang

Himpsi Sumsel Buka Layanan Konseling Bagi Masyarakat yang Terdampak Wabah Covid-19

peran para psikolog sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan psikologis masyarakat, para pasien maupun tenaga medis di rumah sakit.

ISTIMEWA
Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Sumsel, Dr. Muhammad Uyun 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

 SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dalam kondisi wabah Virus Corona atau Covid-19 saat ini, peran para psikolog sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan psikologis masyarakat, para pasien maupun tenaga medis di rumah sakit.

Muhammad Uyun, Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Sumsel mengatakan dalam prosedurnya, seorang psikolog, sarjana psikologi atau asisten psikolog dan praktisi psikologi dapat melakukan pelayanan konseling dengan mengikuti buku panduan layanan psikologi dalam masa tanggap darurat Covid-19.

Selain itu, para psikolog juga memberikan konseling kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 saat ini, harus melewati serangkaian proses training terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar layanan konseling yang diberikan dapat lebih maksimal, standar dan prinsip pelayanan psikologi juga dapat ditaati dengan mengedepankan keamanan masyarakat yang sedang melakukan konseling.

"Layanan psikologi juga mempertimbangkan kondisi lingkungan secara umum, dapat dilakukan dengan daring maupun non daring," ujarnya pada Sabtu, (04/04/2020).

Menurutnya, masyarakat saat ini sedang mengalami kecemasan, dimana berdampak negatif bagi psikologis berupa post-traumatic stress symptoms.

Post-traumatic stress symptoms yang dirasakan oleh masyarakat biasanya berupa ketakutan, stres, curiga berlebihan terhadap orang asing atau yang tidak dikenal.

"Juga termasuk kecemasan, kebingungan, dan kemarahan," ujarnya.

Selain itu, dampak yang ditimbulkan dalam kondisi isolasi mandiri ataupun karantina di rumah sakit bagi ODP dan PDP, seperti ketakutan atas infeksi, frustasi, bosan, persediaan kebutuhan yang tidak cukup, dan informasi tidak cukup.

Selain itu juga kerugian finansial dan stigma negatif dari masyarakat dapat mengganggu kesehatan psikologis masyarakat luas.

Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa para psikolog, sarjana psikologi maupun asisten psikolog dan praktisi psikologi sangat dibutuhkan bagi masyarakat umum.

"Untuk lebih lanjutnya, masyarakat yang sedang mengalami kecemasan atau kondisi psikologis negatif lainnya dapat mengunjungi laman www.himpsi.or.id," ujarnya. 

Penulis: maya citra rosa
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved