Virus Corona di Sumsel

Narapidana di Sumsel Bebas Asimilasi & Integrasi, Ini Jaminan Kakanwil Kemenkumham untuk Masyarakat

Tentunya dengan pembebasan warga binaan ini banyak pertanyaan bermunculan apakah aman membebaskan warga binaan tersebut.

sripoku.com/rere
Kepala kantor wilayah kemenkumham sumsel, Ajub Suratman (tengah) menyampaikan imbauan saat rapat online, Jumat (3/4/2020) 

Laporan wartawan SRIPOKU.COM, Bayazir Al Rayhan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sebanyak 30 ribu lebih narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Indonesia akan bebas lebih cepat dari masa tahanannya.

Hal ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah merujuk pada Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020 tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona atau corona virus disease 2019 (covid-19).

Tentunya dengan pembebasan warga binaan ini banyak pertanyaan bermunculan apakah aman membebaskan warga binaan tersebut.

Download MP3 & Video Lagu Aisyah Istri Rasulullah Versi Cover ADAM, Dilengkapi Lirik dan Kunci Gitar

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumsel, Ajub Suratman, dalam rapat yang digelar secara online pada Jumat (3/4/2020)  masyarakat tidak perlu khawatir tentang pembebasan warga binaan mengingat warga binaan yang bebas sudah memenuhi aturan hukum.

Ajub juga menjelaskan bahwa secara kemanusiaan, warga binaan yang bebas ini masih akan diawasi oleh pihak lapas.

"Secara kemanusiaan, nantinya mereka ini akan kita asimilasikan di rumah dalam konteks kita masih akan melakukan pembinaan, dalam proses asimilasinya itu ada peran lapas dalam melakukan pengawasan," kata Ajub.

Selain itu juga menurut Ajub, hingga saat ini warga binaan maupun pegawai yang ada di Kanwil Kemenkumham Sumsel tidak ada sama sekali yang menunjukkan gejala Covid-19

"Alhamdulillah sampai saat ini baik warga binaan maupun pegawai tidak ada satupun yang menunjukkan gejala Covid-19," kata Ajub.

Download MP3 & Video Lagu Aisyah Istri Rasulullah Versi Cover ADAM, Dilengkapi Lirik dan Kunci Gitar

Untuk itu beliau meminta kepada masyarakat agar tidak berpikir seolah olah pemerintah membebaskan perampok.

Hal ini merupakan upaya dalam menangani penyebaran Covid-19.

"Jangan sampai nanti masyarakat berpikir seolah-olah lapas mengeluarkan para perampok, ini adalah dalam rangka melaksanakan aturan hukum dalam konteks penanganan penanggulangan covid-19," kata Ajub.

Penulis: Bayazir Al Rayhan
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved