Berita Muba

Luncurkan Program JPS, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Bagikan 1.100 Paket Sembako ke Warga Muba

Pemkab Muba berupaya membuat program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang khusus menyasar masyarakat menengah ke bawah dengan berupa bantuan tunai dan no

SRIPOKU.COM/Fajeri
Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex ketika membagikan 1.100 paket sembako terhadap masyarakat di Kabupaten Muba Sumsel 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU—Sejak pandemi virus Covid-19 merebak, setiap daerah termasuk kabupaten Muba sudah terkena dampak perubahan ekonomi secara signifikan.

Meskipun Muba sendiri belum ada kasus positif terjangkitnya virus ini, namun kebijakan sosial distancing telah diterapkan sehingga berpengaruh terhadap sektor perekonomian masyarakat.

Menghadapi dua problem inilah Pemkab Muba berupaya membuat program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang khusus menyasar masyarakat menengah ke bawah dengan berupa bantuan tunai dan non tunai.

Program ini sendiri baru diluncurkan dan bekerjasama dengan Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK).

Bupati Muba, Dodi Reza Alex mengatakan, saat ini pihaknya tengah menghadapi dua perperangan yakni dari sisi kesehatan memutus mata rantai penyebaran virus Corona lalu mengcover perekenomian warga yang terdampak.

"Bukan hanya memberantas dan mencegah penyakitnya saja. Tapi juga bagaimana kita menyediakan JPS secara kontinyu kepada masyarakat sehingga masyarakat yang terdampak ini bisa diminimalisir," ujarnya saat peluncuran program JPS dan penyerahan 1100 paket sembako di halaman Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Jumat (3/4).

Lanjutnya, JPS tersebut diberikan secara simbolis ada beberapa keluarga yang menerima bantuan sembako.

Nanti setelah mata anggaran ini dikeluarkan Perbup dan dialokasikan, maka bantuan tersebut bisa jadi padat karya bantuan tunai, bantuan non tunai seperti dari yang dibagikan hari ini yakni sembako.

"Termasuk juga memberdayakan usaha kecil, kemudian para peternak di desa, petani karet kita berikan juga JPS sehingga bisa berfungsi dengan anggaran yang ada," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved