Buya Menjawab

Lebih Besar Mana Pahala Berkurban atau Sedekah Beras?

Pada ayat 262 Allah menjelaskan sedekah yang ikhlas, tidak diungkit-ungkit dengan perkataan yang menyakitkan si penerima.

TribunVideo/Fatikha Rizky
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA saya pensiunan pegawai negeri sipil, izin ingin bertanya kepada Buya, manakah yang lebih baik saya kerjakan dalam tahun ini salah satu diantara 2 yang tersebut di bawah ini;

1. Dalam menghadapi tahun ini saya menyembelih kurban sapi seharga Rp 2.750.000.-

2. Dari jumlah uang Rp 2.750.000.- saya belikan beras seharga Rp 12.000 per kg yang saya makan sehari-hari sehingga memperoleh lebih kurang 220 kg. Beras tersebut saya berikan/sedekah dalam bulan puasa masing-masing 10 kg kepada antara lain; penjaga sekolah penarik beca, penjaga malam, pemulung, atau tukang mengambil sampah di RT tempat saya tinggal sebanyak 22 orang.

Mana yang lebih besar pahalanya buat saya. Terima kasih jawabannya.
08136864XXXX

Bolehkah Berkurban untuk Ayah atau Ibu yang Telah Meninggal? Jangan Keliru Ternyata Ini Hukumnya!

Inilah 6 Cara Menurunkan Badan Panas yang Bisa Dilakukan di Rumah: seperti Rendam Kaki di Air Dingin

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Jawab:
Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.
Apabila membicarakan tentang pahala dari Allah SWT., merujuk kepada surah Al-Baqarahayat 261 yang artinya: ”Perumpamaan orang yang menginfakkan (bersedekah) hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh ranting/tangkai, pada setiap tangkai ada/berbuah seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

Pada ayat 262 Allah menjelaskan sedekah yang ikhlas, tidak diungkit-ungkit dengan perkataan yang menyakitkan si penerima. Sedekah seperti itu yang memperoleh ganjaran yang berlipat ganda.

Mengamati pertanyaan bapak, apabila ditinjau dari segi manfaatnya bagi penerima, akan lebih diprioritaskan memberikan sedekah berupa beras tersebut dengan pertimbangan; mereka yang sangat membutuhkan beras tersebut, dan waktunya di bulan Ramadlan. Karena bersedekah di bulan Ramadlan lebih besar pahalanya dibandingkan di bulan selain Ramadlan.

Jika nanti di bulan ZulHijjah ada peluang untuk memotong qurban, maka laksanakan juga. Karena berqurban menurut syaari’at di sunnatkan setiap tahun untuk satu keluarga. Memang yang diterima Allah SWT. Dari kurban seseorang bukanlah darahnya, dagingnya, akan tetapi nilai Taqwanya.

Taqwa adalah; mengerjakan apa-apa yang diperintahkan Allah SWT (baik yang fardhu maupun yang sunnat) dan menjauhi larangan-Nya, baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan. (*)

Dan jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Facebook Sripoku
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved