kehidupan sehari hari

Etnomatematika Di Bumi Sriwijaya

Dalam budaya Palembang yang terkenal dengan kerajaan sriwijayanya banyak etnomatematika yang diterapkan dalam kehidupan sehari hari

ist
Dra. Hj. Rini Herlina R, M.Pd 

Etnomatematika Di Bumi Sriwijaya

Oleh ; Dra. Hj. Rini Herlina R, M.Pd

Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel

Pendahuluan

Dalam budaya Palembang yang terkenal dengan kerajaan sriwijayanya banyak etnomatematika yang diterapkan dalam kehidupan sehari hari dan terus berkembang tanpa disadari oleh masyarakat.

Etnomatematika merupakan matematika yang terdapat dalam suatu budaya tertentu, beberapa contoh misalnya  rumah Limas yang merupakan rumah adat Palembang, Songket merupakan pakaian adat Sumatera selatan, pempek dan lainnya.

Keterkaitan antara matematika dan budaya Sriwijaya yaitu rumah Limas, Songket dan pempek dimana bagian-bagiannya merupakan susunan teratur dari bentuk geometris yang memiliki aspek matematis dan terdapat etnomatematika didalamnya.

Budaya tersebut merupakan sumber atau dasar dari matematika yang ada di Kota Palembang dan di beberapa daerah lain di bumi Sriwijaya.

Rumah limas Palembang yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan rumah khas daerah lainnya di Indonesia tanpa disadari terdapat etnomatematika yang sangat jarang diketahui orang.

Apabila kita mengkaji lebih jauh terutama dalam rancang bangun rumah limas, pola yang ada pada Songket juga ukuran2 yang ada pada pempek, maka terlihat nilai2 etnomatimatika secara jelas dan unik.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved