Virus Corona di Sumsel

Dampak Virus Corona atau Covid-19, Petani Karet di Kabupaten OKU Sumsel Gundah Gulana

Petani karet di Kabupaten OKU Sumsel kini sedang gundah gulana menyusul terus turunnya harga getah karet dan beredar isu pabrik karet akan tutup.

SRIPOKU.COM/Leni Juwita
Salah satu kebun karet milik warga di Kabupaten OKU Sumsel. 60 persen warga OKu menjadi berkebun karet sebagai mata pencahariannya. 

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Petani karet di Kabupaten OKU Sumsel kini sedang gundah gulana menyusul terus turunnya harga getah karet. Kondisi ini diperparah lagi karena beredar isu pabrik karet banyak yang akan tutup.

Seperti dituturkan Ismail (37) kepada Sripo Senin (1/4/2020).

Petani  karet asal Kecamatan Semidangaji Kabupaten OKU Sumsel ini mengaku gundah gulana karena harga  getah karet saat ini dari hari ke hari semakin turun.

Saat ini harga karet yang ditimbang dua mingguan sudah  Rp 8000/kg,  dua seminggu sebelumnya masih Rp 8.500/kg.

Kondisi ini membuat petani semakin  beingung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang berbanding terbalik dengan harga karet.

Ayah dua anak ini mencontohkan harga gula di warung saja saat ini sudah Rp 18.000/kg, harga beras medium berkisar Rp 11.000 -Rp 12.000/kg .

Selain harga karet yang semakin hari semakin anjlok, belakangan beredar isu  yang mengatakan banyak pabrik karet akan tutup dan tidak akan membel karet petani lagi.

Isu yang beredar dari mulut ke mulut yang membuat petani karet kian resah ini belum pasti kebenarnanya.

Hendak Cairkan Dana BOS, Guru Ini Jadi Korban Penjambretan di Kawasan Jakabaring Palembang

Kompor Gas Meledak, Rumah Mulian di Lawang Kidul Kabupaten Muaraenim Sumsel Ludes Terbakar

300 Polisi di Sekolah Pembentukan Perwira Lemdikpol Terpapar Virus Corona

Menurut Petani karet asal Desa Sasamkelat ini, waktu nimbang karet beberapa hari lalu, bos karet sudah menginformasikan bahwa tinggal dua pabrik lagi yang masih membeli karet.

Sementara banyak pabrik karet yang sudah menghentikan pembelain karet untuk sementara waktu alasannya karena karet di pabrik masih menumpuk.  

Halaman
12
Penulis: Leni Juwita
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved