Virus Corona di Sumsel

Bilik Sterilisasi Diklaim tidak Aman untuk Manusia, Dinkes Sumsel: Cukup Alkohol!

Bilik sterilisasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 atau Virus Corona di masyarakat.

Humas Pemkot Palembang
Bilik sterilisasi yang dipasang di kantor Pemkot Palembang. 

Laporan wartawan SRIPOKU.COM, Bayazir Al Rayhan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Bilik sterilisasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 atau Virus Corona di masyarakat.

Saat ini, hampir di seluruh daerah sudah mulai mengoperasikan atau menerapkan bilik sterilisasi di tempat-tempat yang masih ramai dikunjungi masyarakat, seperti kantor-kantor pemerintahan dan tentunya yang berhubungan langsung dengan manusia.

Kantor Pemkot Palembang sendiri belum lama ini dipasang bilik sterilisasi tepat di pintu masuk sehingga bagi pegawai atau pengunjung yang datang wajib menyemprotkan diri dulu di bilik tersebut.

Video: Lionel Messi, Terbukti Tiga Kali Lipat Lebih Hebat Dibandingkan Seniornya Diego Maradona

Sebenarnya, amankah bilik sterilisasi ini digunakan sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 pada manusia?

Menurut Martin selaku Kasi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Sumsel, bilik sterilisasi aman digunakan untuk manusia dikarenakan hanya digunakan untuk bagian luar tubuh manusia.

Sedangkan jika sampai masuk kebagian dalam tubuh manusia, tentunya hal ini tidak baik untuk digunakan.

"Sebenarnya kalau untuk menempel di badan ya efektif, kalau untuk sistem pernafasan ya itu makanya harus ditutup masker dahulu, mata ditutup, kalau untuk dibadan ya gak apa-apa sama dengan kita mengoles alkohol di badan, seperti itu," kata Martin, saat diwawancarai via telepon oleh wartawan Sripoku.com, Senin (30/3/2020).

Menurutnya, organisasi kesehatan dunia WHO menyarankan untuk tidak menggunakan bilik sterilisasi itu dikarenakan takutnya ada bahan campuran lain di dalamnya.

Hanya saja jika hanya kandungan alkohol di dalamnya tidak ada masalah dalam penggunaan bilik sterilisasi tersebut.

Chord Lagu India Chalte Chalte - Ost Mohabbatein, Lagu Terhits, Lengkap Video, Lirik dan Terjemahan

"Kalau menurut WHO sebenarnya itu gak usah takutnya ada bahan campuran lain disana, tapi kalau cuma alkohol ya tidak masalah. Adapun kandungan alkoholnya yakni minimal 70 persen," kata Martin.

Martin juga menyarankan untuk masyarakat agar selalu mencuci tangan dengan air yang mengalir dikarenakan hal ini merupakan hal yang paling efektif dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Pencegahan yang paling efektif itu dengan mencuci tangan, apalagi mencuci tangan dengan air mengalir yang ada kandungan kaporitnya, itu lebih efektif dari bilik sterilisasi" kata Martin.

Penulis: Bayazir Al Rayhan
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved