2562 Jemaah Haji di Sumsel Sudah Lunasi Biaya Keberangkatan Tahap Pertama Tahun 2020

"Saat ini Kemenag masih dalam mempersiapkan, ditunda atau tidak nanti masih menunggu keputusan,"

ISTIMEWA
Dokumentasi Masjidil Haram 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Dana calon Jemaah haji kemungkinan akan dikembalikan apabila adanya penundaan ibadah haji Tahun 2020 karena wabah Virus Corona atau Covid-19, saat ini masih menunggu keputusan Pemerintah Arah Saudi.

Khususnya di Sumatera Selatan persiapan keberangkatan ibadah Haji masih dilakukan sambil menunggu keputusan tersebut.

Hal ini dijelaskan oleh Kasubbag Inmas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Drs. H. Saefudin, S.Ag, M.Si yang mengatakan bahwa, sebanyak 6960 calon Jemaah haji dari Sumatera Selatan akan berangkat pada Tahun 2020 ini.

Sedangkan, calon Jemaah haji yang sudah melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tahap pertama sebanyak 2562 jemaah.

"Saat ini Kemenag masih dalam mempersiapkan, ditunda atau tidak nanti masih menunggu keputusan," ujarnya melalui whatsapp, Jumat (27/03/2020).

Persiapan keberangkatan Jemaah haji tersebut sudah pada tahap perekrutan petugas Haji Sumsel Tahun 2020, namun beberapa wilayah menunda kegiatan manasik haji karena himbauan pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas selama wabah Virus Corona.

Salah satu penundaan kegiataan manasik Haji terjadi di Palembang, padahal calon Jemaah haji terbanyak di Sumatera Selatan berasal dari Palembang, sejumlah 3336 jamaah.

"Penundaan manasik haji di beberapa wilayah, Palembang salah satunya, selain dari kegiatan manasik haji itu, persiapan keberangkatan ibadah haji tahun ini masih bisa dilakukan seperti biasa," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Agama, Fachrul Razi masih menunggu perkembangan kebijakan pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji yang kemungkinan ditunda.

Jika hal tersebut benar terjadi, dana pelunasan biaya perjalanan ibadah Haji akan dikembalikan ke calon jemaah, tercatat 83.337 jemaah sudah melakukan pelunasan, tahapan pertama ini masih terus berlangsung hingga 30 April 2020.

Penulis: maya citra rosa
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved