News Video Sripo

Belajar di Rumah Lebih Santai Namun Kalah Seru Dibanding di Sekolah

Belajar di rumah melalui sistim daring (dalam jaringan) internet lebih santai namun dirasakan siswa kalah seru dibandingkan KBM (Kegiatan Belajar Meng

Belajar di Rumah Lebih Santai Namun Kalah Seru Dibanding di Sekolah

SRIPOKU.COM.BATURAJA - - - Belajar di rumah melalui sistim daring (dalam jaringan) internet lebih santai namun dirasakan siswa kalah seru dibandingkan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dilakukan di sekolah.

Seperti dituturkan beberapa siswa kelas IX SMPIT Tunas Cendikian Baturaja Jumat (20/3/2020), siswa yang dihubungi secara terpisah menuturkan suasana belarja mandiri dirumah yang terasa lebih sunyi.

Tidak ada suara tawa canda dan tidak bisa seru-seruan dnegan teman-teman seperti yang biasa dilakkan disekolah,” Memang lebih santai, tapi kurang seru dan semangat bila dibandingkan dengan KBM disekolah,” terang Fadhillah salah seorang siswa yang sedang belajar IPS melalui sistim daring.

Pelajar berkacamata minus ini menuturkan pada hari Jumat ini jadwal dimulai dari pukul 07.30 absensi oleh walikelas (Dwi Febriana SPd) lewat applikasi Edmodo (chat) , kemudian shalat duha dan Alma’Surat (dzikir) sampai pukul 08.00.

Jadwal selanjutnya pukul 08.00-08.40 PAI, selanjutnya pukul 08.40-09.30 IPS. Belajar dipandu guru bidang studi masing-masing dibawah pengawasan orang tua.

30 Hari Meninggalnya Ashraf, Ibunda Ungkap Sikap Aneh BCL, Nekat Begini di Makam Saking Rindunya

Cerita Indadari Mantan Istri Caesar YKS Suspect Virus Corona, Jalani Tes Covid-19, Begini Hasilnya

Orang tua memantau proses belajar mengajar putera/puteri anaknya melaui akun siswa anak masing-masing secara online.

Orangtua/wali siswa juga sudah menginstal aplikasi “Edmodo for Parents” untuk memantau kegiatan ananda di ruang kelas online.

Terpisah Direktur SIT (Sekolah Islam Terpadu) Tunas Cendikia Baturaja Akhmad Taufiqurrahman didampingi Kepala SMPIT Tuncen, Satrio Toto Sujarwo MPd menjelaskan, pihak sekolah sudah mensosialisasikan pengalihan KBM dari Sekolah ke Rumah sehubungan dengan pencegahan penyebaran corona virus desease 2029 (COVID-2019) pada satuan pendidikan di Kabupaten OKU.

Kegiatan belajar dilaksanakan di rumah masing-masing mulai tanggal 19 -31 Maret 2020 dibawah pemantauan orang tua.Untuk elancaran pengalihan pembelajaran di rumah siswa telah diberikan pengarahan mengenai sistim pembelajaran online selama KBM dilaksanakan di rumah masing-masing.

Dikatakan Taufiq, diperlukan langkah yang tepat terkait sistem belajar Dalam Internet (Daring) agar pembelajaran siswa tetap maksimal.

KBM dilaksanakan secara online dengan aplikasi utama yaitu Edmodo . Pembelajaran dimulai pukul 07.30-10.50 untuk Senin-Kamis dan 07.30-09.30 untuk Jum’at.

Guru akan tetap melaksanakan absen melalui edmodo untuk tiap harinya Senin-Jum’at Pembelajaran dilakukan mandiri oleh siswa di rumah dengan bimbingan guru secara online. Untuk teknis setoran hapalan, siswa tetap menyetor hapalan seperti biasa ke wali kelas mulai pukul 15.30 melalui video call.

Untuk menjaga amalan yaumi siswa,selama pembelajaran di rumah para orang tua agar meluangkan waktunya untuk mengawal siswa mengisi amal yauminya setiap hari via online di link sudah dibagikan.

Orang tua lebih diutamakan yang mengisinya atau boleh siswa namun tetap dengan pengawasan orang tua. Jadwal yang dianjurkan tiap harinya untuk pengisian amal yaumi yaitu setelah siswa sholat isya dan selesai dengan setoran atau tilawah alqur’annya. Untuk setoran hapalan.(eni)

Penulis: Leni Juwita
Editor: Rahmad Zilhakim
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved