Tak Ikuti Arahan Presiden Jokowi soal Virus Corona, BOPI Bisa Cabut Izin Liga 1 Indonesia

Tak Ikuti Arahan Presiden Jokowi soal Virus Corona, BOPI Bisa Cabut Izin Liga 1 Indonesia

Tribunnews/Abdul Majid
Tak Ikuti Arahan Presiden Jokowi soal Virus Corona, BOPI Bisa Cabut Izin Liga 1 Indonesia 

Tak Ikuti Arahan Presiden soal Virus Corona, BOPI Bisa Cabut Izin Liga 1 Indonesia

SRIPOKU.COM -- Menindaklanjuti imbauan Presiden Jokowi, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta seluruh ajang olahraga, tak terkecuali Liga 1 Indonesia 2020 terkait upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

Arahan tersebut disampaikan Presiden Jokowi secara resmi di Istana Bogor pada Minggu (15/3/2020).

Demi menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi dan Menpora terkait penanganan wabah Virus Corona, BOPI menerbitkan surat imbuan kepada seluruh industri olahraga di Indonesia pada Senin (16/3/2020).

Tak hanya itu, BOPI bahkan dengan tegas mengingatkan seluruh penyelenggara kompetisi olahraga, termasuk PT Liga Indonesia Baru (LIB), untuk mematuhi arahan Presiden Jokowi jika tak ingin izinnya dicabut.

"BOPI akan menarik kembali surat rekomendasi penyelenggaraan event olahraga profesional yang telah diterbitkan jika pihak penyelenggara tidak mematuhi arahan pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19," tulis rilis BOPI yang diterima BolaSport.

Budi Jo Akui Laga Perdana Sriwijaya FC Belum Sesuai Ekspektasinya Lantaran Hal Ini

Perubahan Peran Evan Dimas, Klok & Motta Skema Persija di Liga 1 2020 dari Taktik Sergio Farias

Kompetisi Libur 2 Pekan, Sriwijaya FC Gunakan Waktu Latihan Ini Sambil Tunggu Instruksi Manajemen

Surat edaran dari BOPI praktis dapat mengancam keberlanjutan Shopee Liga 1 Indonesia 2020.

Sebab, jika surat rekomendasi dari BOPI dicabut, maka Shopee Liga 1 Indonesia 2020 terancam dihentikan atau dibatalkan.

Meskipun demikian, terdapat poin-poin lainnya yang bisa dijalankan PT LIB selaku penyelenggara agar kompetisi berpeluang tetap bergulir.

Salah satunya adalah memantau perkembangan Covid-19 dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

"Memantau terus perkembangan penyebaran Covid-19 dengan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Daerah, serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pada saatnya nanti berencana memulai kembali aktivitas event olahraga profesional," demikian isi dari imbauan BOPI.

Selain itu, PT LIB juga bisa mendorong klub-klub kontestan Shopee Liga 1 Indonesia untuk melakukan tes indikasi corona serta melakukan pencegahan penularan Covid-19.

"Mendorong klub-klub profesional dan individu profesional olahraga untuk menjalankan tes indikasi virus corona secara terstruktur organisasi maupun secara pribadi, sebagai bentuk dari tanggung jawab kita kepada kemanusiaan," lanjut BOPI.

Sementara itu, PSSI sudah memutuskan untuk menunda kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 sejak 16 Maret sampai dua pekan ke depan.

Hal ini menyusul tinjauan dari kompetisi dari negara lain untuk membatasi kegiatan olahraga di tengah Virus Corona.

Editor: adi kurniawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved