Breaking News:

Berita Prabumulih

Mendadak Warga Berburu Temulawak Curcuma Zanthorrhiza di Prabumulih, Bisa Menangkal Virus Corona

Banyaknya warga yang membeli temulawak dan rempah lainnya membuat para pedagang rempah kecipratan rezeki, tapi mereka heran kenapa bisa mendadak.

Editor: Tarso
Tribunsumsel.com/Edison Bastari
Lela-salah seorang pedagang rempah-rempah di kawasan Pasar Tradisional Modern Kota Prabumulih ketika diwawancarai wartawan. 

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Adanya informasi jika rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak dan lainnya disebut-sebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu menangkal virus corona, membuat warga memburu dagangan tersebut.

Pantauan di kawasan pasar tradisional modern kota Prabumulih, rempah-rempah yang sering digunakan untuk bumbu tersebut laris manis dibeli warga.

Bahkan meski harga masih tergolong murah seperti temulawak yang bernama latin Curcuma Zanthorrhiza hanya Rp 15 ribu perkilogramnya namun stok pedagang mulai kosong karena banyak yang membeli.

Banyaknya warga yang membeli temulawak dan rempah lainnya membuat para pedagang rempah kecipratan rezeki meski beberapa pedagang heran kenapa dagangannya mendadak diburu pembeli.

Seperti diungkapkan Lela, pedagang rempah-rempah di kawasan PTM Prabumulih mengaku cukup terkejut banyak warga membeli rempah khususnya temulawak.

"Sejak kemarin kita bingung kenapa banyak yang membeli temulawak, tidak seramai biasanya. Kita tidak tau awalnya tapi ada yang memberi tahu ternyata katanya bisa membuat daya tahan tubuh," ungkap Lela dibincangi saat berjualan, Rabu (4/3/2020).

Lela mengatakan, selama ini temulawak merupakan rempah-rempah yang sangat jarang dibeli dan meskipun ada hanya para tukang jamu saja.

"Saking jarangnya terkadang temulawak itu sampai tumbuh di dalam karung dan terpaksa kita buang, tapi sekarang malah banyak yang mencari," katanya warga Gang Karya Abadi RT 1 RW 1 Kelurahan Pasar itu.

Lela mengaku, pihaknya membeli temu lawak dari para petani di Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Cambai kota Prabumulih.

BREAKING NEWS: Gajah Ngamuk Obrak-abrik Kebun Kelapa Sawit Warga di Kabupaten Muratara Sumsel

Kakak Bacok Adik Hingga Tewas Dituntut 12 Tahun Penjara di Kayuagung OKI, Begini Penjelasannya

KRONOLOGI Anggota TNI Sertu Iskandar yang Meninggal Diserang Gajah Liar di OKI, Sedang Bantu Petani!

"Kalau banyak yang pasok akan kita tambah lagi penjualan," bebernya.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved