Berita Pagaralam

M Fadli Minta Gerakan Pramuka di Pagaralam Jadi Pelopor Hidup Bersih dan Sehat Serta Anti Hoax

M Fadli Minta Gerakan Pramuka di Pagaralam Jadi Pelopor Hidup Bersih dan Sehat Serta Anti Hoax

SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
PELANTIKAN PENGURUS : Ketua Kwarcab Pramuka Kota Pagaralam, Muhammad Fadli saat melakukan pelantikan Pengurus Satuan Karya (Saka) Bakti Husada Kota Pagaralam, Selasa (3/3/2020). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

M Fadli Minta Gerakan Pramuka di Pagaralam Jadi Pelopor Hidup Bersih dan Sehat Serta Anti Hoax

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Ketua Kwarcab Pramuka Kota Pagaralam M Fadli mengatakan, Pramuka Saka Bakti Husada harus mampu berperan aktif selain menyebarluaskan informasi kesehatan yang anti hoax juga diharapkan menjadi agent of change dalam berperilaku hidup sehat.

Hal ini disampaikannya saat Ketua Kawarcab kota Pagaralam, Muhammad Fadli SE melakukan pelantikan Pengurus Satuan Karya (Saka) Bakti Husada Kota Pagaralam, Selasa (3/3/2020) di Aula Dinas Kesehatan Kota Pagaralam.

Memurut Fadli, dengan mengusung tema Saka Bakti Husada Generasi Milenial Untuk Indonesia Sehat, pihaknya yakin akan mendorong pramuka ke fungsi-fungsi milenial seperti memanfaatkan sosial media yang akan banyak memberikan informasi ke masyarakat dan akan membantu upaya kesehatan masyarakat.

"Di Kota Pagaralam sampai tingkat ranting ada kurang lebih ratusan Saka dan sangat luar biasa untuk mendukung masalah kesehatan di masyarakat," katanya.

Kedepan Pramuka akan rutin difungsikan bukan hanya kegiatan-kegiatan yang sifatnya seremonial karena memiliki jaringan yang banyak namun juga kegiatan sosial masyarakat.

"Saat ini di Puskesmas sudah ada pangkalan Pramuka dan sekolah kesehatan sudah ada. Kita meminta rumah sakit membentuk pangkalan Pramuka SBH sebagaimana program Gubernur Sumatera Selatan rumah sakit tanpa dinding kalau ada pangkalan Pramuka maka dindingnya terbuka," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam Desi Elviani mengatakan, Saka Bakti Husada telah meningkatkan citra Gerakan Pramuka dalam kiprahnya seperti menjadi pelopor hidup bersih dan sehat, dan menjadi kader penggerak pembangunan kesehatan yang membantu percepatan pencapaian cakupan upaya kesehatan.

Untuk itu, pengurus di tingkat nasional dan daerah bersama pengelola program kesehatan, hendaknya dapat bekerja sama dalam membina dan mengembangkan Saka Bakti Husada.

"Modal dasar Saka Bakti Husada dalam menjalankan peran dan fungsinya untuk meningkatkan kesehatan maupun kepramukaan antara lain, dengan memiliki 6 krida, anggota yang tersebar di setiap Kabupaten dan Kota, dukungan Dinas Kesehatan dan organisasi profesi kesehatan," jelasnya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved