Breaking News:

Buya Menjawab

Tidak Pernah Sholat Berjamaah di Masjid

BAGAIMANA jika ada seseorang yang tidak pernah sholat berjamaah lima waktu di masjid, padahal sehat jasmaninya.

SRIPOKU.COM/Anton
Ilustrasi - Sholat Berjamaah. 

SRIPOKU.COM - Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BAGAIMANA jika ada seseorang yang tidak pernah sholat berjamaah lima waktu di masjid, padahal sehat jasmaninya. Mohon penjelasannya Buya. Terimakasih.

Hukum Sholat Berjamaah

Buya Menjawab: Apa Hukumnya bagi Orang Tua Uzur yang Tidak Sholat Berjamaah di Masjid

Jawab:
Wa’alaikumussalama.Wr.Wb.
Sampaikan nasehat kepadanya dengan mengungkapkan hadits Nabi Muhammad Saw. Sbb:
Di dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Masud ra. dinyatakan; "Siapa yang ingin bertemu dengan Allah, besok dalam keadaan Muslim, maka hendaklah ia menjaga sholat-sholat. Karena dia akan dipanggil dengan sholat-sholatnya itu. Allah telah mewajibkan kepada Nabi Saw.kalian sunnah-sunnah pada Nabi. Di antara sunnah-sunnah itu adalah sholat berjamaah. Jika kalian melakukan sholat di rumah kalian saja,seperti yang dilakukan oleh orang bodoh di rumahnya, niscaya kalian telah meninggalkan sunnah Nabi Saw. kalian. Jika kalian meninggalkan sunnah Nabi kalian niscaya kalian akan sesat.Setiap orang yang bersuci dengan benar di rumahnya, lalu sengaja pergi ke masjid, maka Allah akan mencatat setiap langkahnya itu sebagai kebaikan, diangkat satu derajat untuknya, dan dihapus satu kejelekan darinya. Kami telah melihat dengan mata kepala sendiri bahwa orang yang meninggalkan sholat berjamaah hanyalah orang munafik yang terkenal kemunafikannya. berdiri di barisan sholat." (HR.Muslim dan Abu Dawud)

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Begitu tinggi keutamaan sholat berjamaah di masjid, disamping kelebihan nilainya 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendirian, juga setiap langkah menuju masjid dihitung kebaikan, menghapuskan kejelekan dan terhindar dari kemunafikan.

Orang yang sering berjalan ke masjid pada saat gelap, nanti pada hari kiamat dia akan memperoleh cahaya yang terang benderang.

Memang sholat berjamah yang berat dirasakan oleh orang munafik adalah sholat isyak dan subuh. Padaha keutamaanya seperti dikemukakan dalam hadits yang diriwayatkan oleh semua imam hadits kecuali Bukhari dan at-Tirmidzi: "Siapa yang melaksanakan Sholat Isya dengan berjamaah, maka dia sama saja telah mendirikan (sholat) setengah malam. Sedangkan siapa yang yang melaksanakan Sholat Subuh dengan berjamaah juga, maka (dengan keduanya) sama saja dia telah mendirikan (sholat) seluruh malam." (HR. Semua imam hadits, kecuali Bukhari dan at-Tirmidzi)

Sholat berjamaah di masjid ini diutamakan bagi laki-laki, adapun kaum wanita menurut mazhab Syafi'i di dalam kitab Mughnil Muhtaaj, Vol.1, hlm.220; dibolehkan atas izin suami dan tidak memakai parfum, meskipun rumah tetap lebih baik bagi mereka. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Saw.: "Janganlah kalian melarang kaum wanita untuk keluar ke masjid, meskipun rumah mereka lebih baik untuk mereka."

Dalam teks lain berbunyi: "Jika para istri kalian meminta izin untuk keluar ke masjid di malam hari, maka berilah mereka izin." (HR.Semua imam hadits kecuali Ibnu Majah)

Ada pula hadits dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda: "Janganlah kalian melarang para wanita Allah ke masjid Allah, dan hendaknya mereka keluar tanpa memakai parfum." (HR.Ahmad dan Abu Dawud)

2. Syarat-syarat Imam
Kepemimpinan seorang imam itu sah dengan syarat-syarat sebagai berikut;
a. Islam. Tidak sah jika imam itu orang kafir, Imam Syafi'i berpendapat; jika diketahui setelah selesai sholat bahwa seorang imam itu kafir atau dari jenis perempuan maka wajib untuk mengulangi sholat. (Mughni al-Muhtaaj, vol.1.hlm.241)

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved