Opini

Pemanenan Ramah Lingkungan Pada HutanTanaman Industri

Hutan ditinjau dari sudut pandang sumberdaya ekonomi terdapat tiga sumberdaya e­ko­nomi sekaligus

ist
Tebang Felling Strip Tanaman (HTI) Jenis Acacia Casicarva 

Pemanenan Ramah Lingkungan Pada HutanTanaman Industri

Oleh : Hotmarganda T. Manalu

Praktisi Harvesting di Palembang

Hutan ditinjau dari sudut pandang sumberdaya ekonomi terdapat tiga sumberdaya e­ko­nomi sekaligus (Wirakusumah 2003), yaitu: lahan, vegetasi bersama semua komponen hayatinya serta li­ngkungan itu sendiri sebagai sumberdaya ekonomi yang pada akhir-akhir ini menjadi perhatian utama.

Hutan Tanaman Industri sebagai salah satu Industri yang mengedepankan keberlanjutan mana­je­men hutannya sangat reliable dengan apa yang diinginkan oleh UNEP melalui Green Economy-nya.

Didalam Pemanfaatan hasil hutannya HTI lebih menekankan pada kelestarian Ling­kungan­nya baik tanah maupun air untuk mensuport pertumbuhan dari tanaman yang produk akhirnya a­da­lah batang dari tanaman tersebut yang kemudian akan diteruskan sebagai bahan baku dari in­dustry hilirnya.

Program pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) Telah di gullirkan oleh Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan (dulu Kementrian Kehutanan).

Secara prinsip pengelolaan HTI merupakan bentuk pengelolaan hu­tan yang terpadu karena dikembangkan melalui pertimbangan berbagai aspek pengelolaan seperti aspek ke­les­tarian sehingga dapat menunjang tercapainya realisasi kelestarian (keberlanjutan) hutan dan juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara nyata.

Hutan Tanaman Industri (HTI) adalah hutan tanaman yang dikelola dan diusahakan berdasarkan prinsip pemanfaatan yang optimal dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan sumber da­ya alami serta dengan menerapkan prinsip ekonomi untuk mendapatkan manfaat baik bagi peru­sahaan maupun masyarakat sekitar.

Perusahaan HTI dinilai secara nyata mempunyai dampak positif strategis terhadap berjalannya ro­da perekonomian, pemberdayaan masyarakat sekitar hutan secara produktif dan pelestarian lingkungan untuk keseimbangan ekosistem.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved