Berita Muba

Lihat Warga Nangkul Ikan di Sungai yang Membelah Kota Sekayu, Sekda Muba Mampir, Begini Komentarnya

Naiknya debit air Sungai Musi yang membelah sejumlah kawasan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi berkah tersendiri bagi masyarakatnya.

SRIPOKU.COM/Fajeri Ramadhoni
Sekda Muba Drs H Apriadi MSi turun dari mobil dan mendekati kerumunan warga yang menjual ikan hasil tangkapan dengan Tangkul di sungai yang membelah Kota Sekayu Muba, Minggu (16/2/2020) 

SRIPOKU.COM, SEKAYU—Naiknya debit air Sungai Musi yang membelah sejumlah kawasan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ternyata menjadi berkah tersendiri bagi masyarakatnya.

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah warga Sekayu Musi Banyuasin yang menangkap ikan menggunakan tangkul, ketika ikan seluang mudik istilah masyarakat Sekayu yang melimpah ketika air naik.

Dari pantauan di eks Pasar Talang Jawe Sekayu, Minggu (16/2) siang tampak berduyun-duyun warga sekitar maupun datangan menangkul ikan

Ikan yang didapati pun berupa ikan kecil seprti ikan seluang, sepat mata merah dan lainnya.

Suasana inipun membuat Sekretaris Daerah atau Sekda Muba Drs H Apriadi  MSi mampir di kerumunan warga yang sedang menangkul ikan dan membeli hasil tangkapan ikan tersebut.

"Tidak serta merta juga ayo nalam (air naik) ini musibah, tapi warga Sekayu juga memanfaatkannya untuk menangkul ikan baik untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual lagi," ungkap Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi.

Masyarakat Sekayu Musi Banyuasin saat menangkul ikan di salah satu aliran sungai yang kondisinya sedang naik disaat musim hujan seperti sekarang ini, Minggu (16/2/2020)
Masyarakat Sekayu Musi Banyuasin saat menangkul ikan di salah satu aliran sungai yang kondisinya sedang naik disaat musim hujan seperti sekarang ini, Minggu (16/2/2020) (SRIPOKU.COM/Fajeri Ramadhoni)

Di Jalan Ini Sering Terjadi Kecelakaan bahkan Pertengkaran antar Pengendara, Ini Penyebabnya

Jelang Musim Tanam, Petani Padi Keluhkan Stok Pupuk SP 36 Langka di Kabupaten OKI

Sering Dilintasi Truk Bertonase Jalan Musi Raya Timur Berlubang Besar, Warga Ancam Blokade Truk

Dikatakan Apriyadi, nangkul dan bekarang juga merupakan kegiatan positif mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan.

"Ya, ini juga mengajak warga untuk rutin dan gemar mengkonsumsi ikan, yang penting kita jaga terus kebersihan sungai agar biota yang ada tetap terjaga," tutupnya.

Sementara itu, Mida masyarakat Sekayu Musi Banyuasin yang mencoba keberuntungan menangkul ikan mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan ini sudah setiap tahunnya ia lakukan. Jika, air mulai naik ia menangkul bersama masyarakat lainnya.

“Kalau ayo nalam pasti nangkuk pak, ikan-ikan pada mudik jadi mudah nangkapnye. Bisanya ikan hasil tangkapan dibawa pulang, ado jugo masyarakat yang lainnya menjul disitulah,”ungkapnya. (dho)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved