Melihat Robot Pemadam Kebakaran, Bisa Atasi Kebakaran di Kilang Minyak Hingga di Pembangkit Listrik

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah membeli robot pemadam kebakaran atau pengurai material kebakaran jenis

Melihat Robot Pemadam Kebakaran, Bisa Atasi Kebakaran di Kilang Minyak Hingga di Pembangkit Listrik
Audia Natasha Putri
Sebanyak 15 anggota damkar mengikuti pelatihan untuk mengoperasikan robot pemadam kebakaran pada Jumat, (7/2/2020)(Audia Natasha Putri) 

Melihat Robot Pemadam Kebakaran, Bisa Aatasi Kebakaran di kilang minyak Hingga di Pembangkit Listrik

SRIPOKU.COM -- Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah membeli robot pemadam kebakaran atau pengurai material kebakaran jenis Dok-Ing MVF-5 U3 buatan Kroasia.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, robot yang sejenis juga sudah digunakan oleh tentara Amerika Serikat.

"Tentara Amerika menggunakan unit ini juga," ujar Satriadi di kantornya, Duri Pulo, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Selain itu, Satriadi mendapatkan informasi bahwa negara tetangga Indonesia, Malaysia, juga menggunakan robot Dok-Ing ini.

"Malaysia sudah memiliki juga pengurai," kata Satriadi.

Mantan Servis Handphone Jual Robot Bisa Rp 15 Jutaan, Bahannya dari Limbah Rumah Tangga

 

Dalam Kompetisi Robot, Siswa SMKN 2 Palembang Taklukan Asia Tenggara

Dinas Gulkarmat DKI membeli satu unit robot ini pada 2019 seharga Rp 32 miliar.

Berdasarkan lembar informasi dari Dinas Gulkarmat, robot MVF-5 U3 digunakan untuk berbagai hal, seperti mengatasi ledakan tidak terencana di tempat penyimpanan amunisi; mengatasi kebakaran di kilang minyak, SPBU, pabrik atau gudang bahan-bahan kimia, hingga di pembangkit listrik.

Kemudian, Dok-Ing MVF-5 U3 juga bisa mendeteksi kimia, radiologi, dan nuklir; mengatasi alat peledak; antihuru-hara dan antiterorisme; hingga digunakan untuk operasi lintas medan di daerah terpencil.

Berdasarkan informasi di situs web dok-ing.hr, tentara Amerika menjadi salah satu klien perusahaan produsen robotik Dok-Ing.

Selain tentara Amerika, ada pula tentara Australia, Austria, Kroasia, Irish, Italia, hingga Swedia yang menjadi klien perusahaan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beli Robot Pemadam Kebakaran, Pemprov DKI: Tentara Amerika Pakai Unit Ini Juga ", 

Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved