Berita Muaraenim

Video : Musrenbang Kecamatan Lawang Kidul Ajukan 168 Usulan Ke Pemkab Muaraenim

Musrenbang Kecamatan Lawang Kidul Ajukan 168 Usulan Ke Pemkab Muaraenim

Musrenbang Kecamatan Lawang Kidul Ajukan 168 Usulan

SRIPOKU.COM, MUARAENIM,---Dalam Musrenbang Kecamatan Lawang Kidul, sebanyak 168 usulan diajukan ke Pemkab Muaraenim. Sedangkan usulan yang tidak tertampung akan diusulkan ditampung oleh CSR PT Bukit Asam dan perusahaan lainnya terutama yang beroperasi di wilayah Kecamatan Lawang Kidul.

"Kami sudah mengusulkan 168 usulan program ke Pemkab Muaraenim, selebihnya kami minta CSR PTBA menghandelnya," pinta Camat Lawang Kidul Drs Rahmat Noviar MSi pada kegiatan Musrenbang Kecamatan Lawang Kidul di aula Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, Rabu (12/2/2020).

Menurut Rahmat Noviar, dari usulan dan aspirasi seluruh desa dan kelurahan di wilayah Kecamatan Lawang Kidul, ternyata ada 168 usulan yang diharapkan bisa di akomodir melalui APBD Muaraenim Tahun 2020. Namun sebenarnya dari masyarakat Kecamatan Lawang Kidul cukup banyak sekitar 500 usulan. Untuk kekurangannya kami harapkan CSR dari PTBA dan perusahaan lainnya yang beroperasi di wilayah Kecamatan Lawang Kidul.

"Masih banyak usulan yang belum terlaksana, bahkan telah berkali-kali diusulkan, kami minta kedepan bisa direalisasikan dan partisipasi stake holder," ujarnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Muaraenim Drs H Teguh Jaya MM,

dengan banyaknya usulan dari yang masuk dari Kecamatan Lawang Kidul tentu APBD Muaraenim tidak akan mampu mewujudkan semuanya sehingga harus skala prioritas, sebab satu Kecamatan saja sudah ratusan usulan yang masuk, belum se-Kabupaten Muaraenim yang pasti ribuan usulan yang masuk. Untuk itu, harus benar-benar yang paling penting dan mendesak. Dan disinilah perlunya adanya kerjasama yang baik antara Pemkab Muaraenim dengan seluruh stake holder dalam membantu merealisasikan yang belum bisa diwujudkan oleh APBD Muaraenim.

"Kalau di Kecamatan Lawang Kidul kebetulan ada PTBA, saya rasa sangat wajar CSR PTBA bisa membantu usulan-usulan yang belum terakomodir," jelasnya.

Ditambahkan oleh anggota DPRD Muaraenim dari Dapil IV Titit Susanti, bahwa pihaknya sangat setuju dengan apa yang disampai oleh Pemkab Muaraenim, sebab pembangunan bukan hanya tugas Pemerintah tetapi harus ada partisipasi pihak BUMN/BUMD/BUMS. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah pembangunan SDM terutama untuk para guru. Dan untuk usulan, untuk benar-benar didata sehingga menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved