Advertorial

Mengintip Pembuatan Abon Ayam Asli di Laboratorium APHP SMK PP Negeri Sembawa, Sehari Produksi 10 Kg

Tak heran, kalau masyarakat sekitar SMK PP Negeri Sembawa, berbondong-bondong mendapatkan abon ayam asli produksi asal Indonesia ini.

Mengintip Pembuatan Abon Ayam Asli di Laboratorium APHP SMK PP Negeri Sembawa, Sehari Produksi 10 Kg
Dok SMK PP SEMBAWA
Abon produk SMK PP Negeri Sembawa murni daging ayam asli. 

Mengintip Pembuatan Abon Ayam Asli di Laboratorium APHP SMK PP Negeri Sembawa, Sehari Produksi 10 Kg

Laporan Wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN - SMK PP Negeri Sembawa Kabupaten Banyuasin mengolah ayam segar menjadi abon aneka rasa, mulai dari original dan pedas yang rasanya gurih di lidah.

Tak heran, kalau masyarakat sekitar SMK PP Negeri Sembawa, berbondong-bondong mendapatkan abon ayam asli produksi asal Indonesia ini.

Dikelola oleh para tangan kreatif pelajar yang bisa menyulap daging ayam segar menjadi hidangan makanan lebih istimewa berupa abon ayam.

“Sesuai pesanan, dalam sehari bisa memproduksi 10 kilogram daging ayam segar untuk disulap menjadi hidangan makan lebih istimewa berupa pembuatan abon ayam,” kata Desi Apriyani SST selaku petugas laboratorium pengolahan hasil pertanian SMK-PP Negeri Sembawa, Kamis (6/2/2020).

Dalami Pengetahuan Budidaya Tanaman, Siswa Program ATPH SMK PP Negeri Sembawa PKL ke P4S Lampung

Menurut Desi, abon adalah makanan khas dari Indonesia yang bercita rasa tinggi dan praktis dalam penyajiannya sehingga disukai banyak kalangan masyarakat.

Bahkan pengolahannya bisa dengan beranekaragam rasa original, pedas dan gurih.

Maka itu, ungkap Desi, produk abon ayam sangat diminati oleh masyakat di lingkungan SMK-PP Negeri Sembawa, sebanyak 4,1 kg abon ayam habis dalam sehari di serbu oleh masyakat.

Erni Prabawati SPi MSi selaku kepala prodi pengolahan hasil pertanian menyatakan, bahwa abon ayam yang dibuat kali ini diharapkan bisa menjadi produk permanen yang diproduksi dari laboratorium APHP.

Sehingga bisa menjadi suatu kebanggan sendiri jika produk tersebut bisa dikenal oleh masyarakat luas di luar sembawa, walaupun saat ini peminatnya hanya masyarakat sekitar SMK-PP Negeri Sembawa.

Abon produk SMK PP Negeri Sembawa murni daging ayam asli.
Abon produk SMK PP Negeri Sembawa murni daging ayam asli. (Dok SMK PP SEMBAWA)

Dari 10 kg daging ayam segar diolah mendapat 4,1 kg abon ayam dengan proses pengolahan yang cukup lama sehingga rasa bisa mampu bersaing dengan abon yang berkelas.

Tidak hanya abon ayam dirinya dan petugas laboratorium akan mengeluarkan produk abon dengan bahan dasar yang berbeda yaitu, ikan sehingga varian rasa dan jenis olahan akan kami perbaharui untuk menarik minat konsumen.

"Cita rasa produk abon SMK PP Negeri Sembawa, sangat terasa Lida nikmatnya," tandas Erni

Penulis: Mat Bodok
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved