Antisipasi Virus Corona di Palembang

Cara Kerja Thermal Scanning, Alat Khusus Deteksi Virus Antar Negara Termasuk Virus Corona

Thermal scanning yang sedang terpasang itu selalu di pasang saat adanya virus menyebar antar negara.

Cara Kerja Thermal Scanning, Alat Khusus Deteksi Virus Antar Negara Termasuk Virus Corona
sripoku.com/anisa
Alat Thermal Scanner yang sudah disiapkan di Bandara Sultan Machmud Badaruddin II Palembang. 

Laporan wartawan sripoku.com, Anisa Rahmadani

SRIPOKU.COM,PALEMBANG - General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Fahroji, menyatakan alat Thermal Scanning selalu dipasang saat adanya informasi mengenai virus menyebar antar negara.

"Sebenarnya Thermal Scanning itu sudah ada di bandara sejak lama karena alat tersebut merupakan penanganan awal kalau terjadi virus, seperti yang lagi viral sekarang yakni Virus Corona," kata Fahroji, Senin (27/1/2020).

Cara kerja Thermal Scanning itu sendiri, Fahroji mengatakan, tidaklah rumit karena para penumpang hanya berdiam sejenak di ruang kedatangan.

Pusat Penelitian yang ada di Sumsel Ini Satu-satunya di Dunia, Diresmikan Menteri KKP Edhy Prabowo

Selanjutnya, Thermal Scanning akan mendeteksi suhu tubuh penumpang secara otomatis.

Apabila suhu badan penumpang 30 derajat maka itu akan diberhentikan dan akan langsung memeriksa kesehatan penumpang tersebut.

Thermal Scanning itu sendiri umumnya diatur 38 derajat celcius. Jadi apabila suhu badan diantara angka 30-38 maka itu akan siap ditindak lanjuti.

Karena menurutnya dari hasil rapat bersama pihak RS Pelabuhan menyatakan suhu tubuh yang lebih tinggi dari angka tersebut biasanya bisa diindikasikan adanya infeksi.

Pawang Ular Kalimantan Tewas Digigit Kobra saat Atraksi, Sempat Meliuk dan Mengaku Kebal Bisa Ular

Menurutnya, Thermal Scaner itu sendiri cukup bisa diandalkan, sebelumnya pernah sempat dipasang di bandara Palembang lantaran adanya virus yang datang dari luar negeri.

"Dulu juga pernah di pasang tapi saya lupa itu waktu flu babi atau flu unta apa ya saya lupa cuman datangnya dari luar negeri juga," jelasnya.

Ia pun menambahkan pemasangan Thermal Scanner di bandara bukanlah hal pertama kali yang dilakukan pihaknya.

Lantaran, pemberangkatan yang langsung keluar negeri tanpa transit dari Bandara SMB ini sudah ada 2 negara yakni Malaysia dan Singapura.

Yang mana menurutnya 2 negara tersebut lebih rentan dan mudah dikenai virus lantaran bandara di 2 negara tersebut pun kerap kali dipakai untuk transit antar negara.

Penulis: anisa rahmadani
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved