Breaking News:

Buya Menjawab

Berjamaah Sesudah Sholat Fardhu

Apakah dibolehkan sesudah sholat fardhu berjama’ah di masjid, karena datang seorang yang terlambat ikut sholat berjamaah kita menjadi makmumnya.

SRIPOKU.COM/Anton
Ilustrasi - Sholat Berjamaah. 

SRIPOKU.COM - Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA, apakah dibolehkan sesudah sholat fardhu berjama’ah di masjid, karena datang seorang yang terlambat ikut sholat berjamaah kita menjadi makmumnya. Mohon penjelasan Buya. Terimakasih.
08218589XXXX

Masyarakat Pagaralam Khusyu Minta Hujan, Sholat Istisqo Berjamaah Lapangan Merdeka Alun-Alun Utara

Warga yang Salat Istisqa Berjamaah di Sungai yang Mengering Terkabul, Hujan Deras Turun di Muratara

Jawab:
Wassalamulaikum.Wr.Wb.
DALAM suatu kesempatan sholat berjamaah Ashar bersama Rasulullah SAW setelah selesai sholat datang seorang laki-laki terlambat ikut sholat berjamaah. Maka Rasululah SAW bersabda kepada para sahabat yang sudah ikut berjamaah bersama Rasulullah.

Walaupun sudah sholat berjamaah bersama Rasulullah SAW dibolehkan mengulang sholat dengan berjamaah pula.

Apabila seseorang yang sudah melakukan sholat sendirian, dibolehkan mengulang sholatnya secara berjama'ah dan sholatnya yang kedua menjadi sunnah, sebagaimana hadits Yazid bin Aswad, bahwa ada seorang laki-laki yang datang ke masjid setelah Nabi saw. selesai melaksanakan sholat Ashar, lalu beliau bersabda: "Siapa yang ingin bersedekah atas orang ini, maka sholatlah bersamanya."

Lalu, ada seseorang yang sholat bersamanya. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Menurut Imam Syafi'i, disunnahkan bagi orang yang telah melakukan sholat dengan sendiri, juga secara berjama'ah, menurut pendapat yang paling kuat, untuk mengulangi sholat fardhu dengan niat sholat fardhu, bersama seorang atau jama'ah yang didapatinya pada waktu sholat, meski hanya satu raka'at saja, dan walaupun saat pelaksanaan sholat yang diulang itu adalah waktu yang dimakruhkan. (Mughnil Muhtaaj, Vol.I,hlm.233)

Demikian jawaban dari pertanyaan ananda. (*)

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Keterangan:
Konsultasi agama ini diasuh oleh Buya Drs H Syarifuddin Yakub MHI.
Jika Anda punya pertanyaan silahakan kirim ke Sriwijaya Post, dengan alamat Graha Tribun, jalan Alamasyah Ratu Prawira Negara No 120 Palembang. Faks: 447071, SMS ke 0811710188, email: sriwijayapost@yahoo.com atau facebook: sriwijayapost

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved