Pabrik Soun Ilegal

Pabrik Soun Cap Ayam Disegel Polsek Talang Kelapa Banyuasin, Karyawan dan Mandor Dibawa ke Kantor

Setelah memeriksa dan mengambil sampel terkait produksi soun menggunakan kaporit, Polsek Talang Kelapa Banyuasin akhirnya menyegel pabrik tersebut.

Pabrik Soun Cap Ayam Disegel Polsek Talang Kelapa Banyuasin, Karyawan dan Mandor Dibawa ke Kantor
tribunsumsel.com/ardiansyah
Pabrik soun disegel dengan dipasang police line dari Polsek Talang Kelapa Banyuasin, Rabu (22/1/2020). 

SRIPOKU.COM, BANYUASIN - Setelah memeriksa dan mengambil sampel terkait produksi soun menggunakan kaporit di pabrik soun Cap Ayam, Polsek Talang Kelapa Banyuasin akhirnya menyegel pabrik tersebut.

Kapolsek Talang Kelapa Banyuasin Kompol Masnoni mengungkapkan pihaknya langsung melakukan penyegelan dan menghentikan kegiatan produksi dari pabrik soun ini.

"Pabrik ini kami segel, nantinya akan kami proses. Sementara ini, untuk pemeriksaan beberapa karyawan dan mandor kami bawa untuk dimintai keterangan. Sedangkan pemiliknya masih kami panggil," ujar Masnoni.

7 Pengunjung Positif Narkoba,Polsek Sukarami Palembang Segel Sebuah Kafe tak Berizin di Jalan Soetta

Kasi Gakkum DLHK Banyuasin Noorman Apriansyah menuturkan, dari pengecekan yang dilakukan pabrik soun ini sama sekali tidak laik beroperasi lantaran limbah yang dibuang tidak sesuai.

"Untuk pabrik ini, sama sekali tidak ada AMDAL dan izin lainnya. Terlihat, limbah saja dibuang sembarangan seperti itu," ungkapnya.

Sedangkan Kabid Diskoprindag Budiman, produksi soun Cap Ayam sama sekali tidak ada izin pangan yang dikeluarkan dari BPOM maupun dari Diskoperindag.

"Izin merk juga menggunakan label izin palsu. Ini kami yakinkan, bila ini produksi ilegal. Produksinya juga tidak higenis dan tidak laik," ungkapnya.

Petugas Segel Pabrik Mi Formalin di Lubuklinggau, YLKI: Haru Ada Efek Jera

Kasi Obat dan Makanan Dinkes Banyuasin Fahrudinsyah mengungkapkan, dari sampel yang diambil bila soun Cap Ayam yang digerebek Polsek Talang Kelapa Banyuasin sama sekali tidak laik untuk dikonsumsi.

Terlebih, bahan soun yang dibuat dari bahan yang tidak memiliki kualitas.

Proses produksi juga sangat tidak baik dan dapat tercemar dengan berbagai bakteri dan kuman.

"Tadi ada pengakuan dicampur kaporit, itu memang tidak berdampak sekarang. Tetapi, nanti berdampak pada kesehatan dan bisa menyebabkan kanker," katanya.

Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved