Melirik Pertanian dan Kemajuan Perkebunan Desa Perambahan

“Jadi dengan adanya dana desa sekarang ini yang dikelola langsung oleh desa, tentunya berbagai potensi desa itu bisa dikembangkan

Melirik Pertanian dan Kemajuan Perkebunan Desa Perambahan
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Tampak alat berat, sedang melakukan pekerjaan pembuatan saluran air di Desa Perambahan Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. 

Melirik Pertanian dan Kemajuan Perkebunan Desa Perambahan

SRIPOKU.COM, BANYUASIN-Desa Perambahan Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu desa yang memiliki potensi di Bumi Sedulang Setudung bisa diandalkan.

Dengan luas wilayah 2.434 hektar, Desa Perambahan yang didirikan sejak tahun 1983 ini memiliki potensi bidang pertanian dan perkebunan, Rabu (15/1/2020).

Kepala Desa Perambahan HM Dadang mengatakan, sumberdaya ini merupakan aset desa yang sangat potensial untuk pengembangan usaha agribisnis yang dapat menyerap tenaga kerja banyak (padat karya) dalam rangka mengendalikan pengangguran dan menjaga stabilitas perekonomian desa.

Dadang berharap pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten dapat lebih memperhatikan desanya yang memiliki potensi pertanian yang tinggi.

"Kami meminta bantuan perbaikan infrastruktur irigasi, pompanisasi, rehabilitasi jaringan irigasi tersier yang mengalami pendangkalan.

Sektor Agribisnis, lanjut Dadang, merupakan sektor primer yang banyak dilakoni oleh warga desa dan masih terdapat potensi yang cukup besar untuk dikembangkan.

“Sebagai contoh, potensi pengembangan disektor lain yaitu peternakan sapi dan ayam kampung, dan perikanan tambak yang sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Dadang.

Dari data ternak yang tersedia nampak bahwa potensi ini belum tergarap sepenuhnya, dan masih diharapkan upaya pengembangan usaha ternak.

Oleh karena itu, lahan ini mesti dijaga untuk tidak mengalami alih fungsi secara ekstrim yang dapat merampas hak warga banyak untuk berusaha secara ekonomi kerakyatan.

Halaman
12
Penulis: Mat Bodok
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved