Soliditas dan Solidaritas

Uighur : Menggugah Soliditas dan Solidaritas Menggugah Umat Islam Dunia

Beberapa hari yang lalu, umat muslim dihebohkan dengan laporan the wall Street Journal merayu sejumlah (Ormas)Islam Indonesa

Uighur : Menggugah Soliditas dan Solidaritas Menggugah Umat Islam Dunia
ist
Kiki Mikail

Uighur; Menggugah Soliditas dan Solidaritas Umat Islam Dunia

Oleh : Kiki Mikail

Dosen Ilmu Politik UIN Palembang

Beberapa hari yang lalu, umat muslim dihebohkan dengan laporan dari the wall Street Journal (WSJ) pada hari Rabu 11 Desember 2019 yang menyebut pemerintah China ber­upa­ya merayu sejumlah Organisasi masyarakat ( Ormas) Islam Indonesia  dengan meng­gelon­tor­kan sejumlah bantuan donasi.

Bantuan  donasi tersebut diperuntukan  kepada Muham­ma­diyah, NU.

Salain itu juga untuk Media di Indonesia hingga akademisi sehingga tidak lagi memberitakan atau mengkritik mengenai dugaan persekusi terhadap kaum etnis Uighur di China. \

Isu Uighur sendiri mencuat setelah sejumlah organisasi HAM internasional merilis laporan yang menuding Negara China menahan satu juta etnis Uighur di kamp penahanan layaknya kamp konsentrasi di xinjiang.

Modus yang digunakan oleh China menurut laporan WSJ adalah dengan memberikan tiket gratis dan sejumlah uang saku untuk kepentingan akomodasi kepada para petinggi Ormas Islam Indonesia ketika melakukan perjalanan ke China.

Yang menjadi pertanyaan adalah, mungkinkah petinggi Ormas Islam Indonesia melakukan seperti yang disangkakan WSJ?

Ribuan Ummat Islam yang berkumpul di Bundaran Masjid Agung Palembang yang menyatakan sikap dalam penolakan kekerasan HAM Muslim Uighur, Jumat (21/12/2018).
Ribuan Ummat Islam yang berkumpul di Bundaran Masjid Agung Palembang yang menyatakan sikap dalam penolakan kekerasan HAM Muslim Uighur, Jumat (21/12/2018). (sripoku.com/wahyu kurniawan)

Tentunya pemberitaan yang dilaporkan oleh WSJ tidak dapat diduga sebelumnya dan mengejutkan seluruh pihak masyarakat luas tak terkecuali bagi petinggi ormas.

Halaman
123
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved