Business

Business Judgment Rule

Kekuasaan cenderung untuk korupsi dan kekuasaan yang absolut cen­derung korupsi absolut.

Business Judgment Rule
ist
Muhammad Syahri Ramadhan

Business Judgment Rule

Oleh : Muhammad Syahri Ramadhan

Dosen Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya

Lord Acton pernah menyatakan power tends to corrupt, and absolut power corrupts ab­solutely (kekuasaan cenderung untuk korupsi dan kekuasaan yang absolut cen­derung korupsi absolut).

Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa seseorang ter­sebut dapat menjadi seorang koruptor apabila seseorang tersebut mempunyai ke­ku­asaan.

Semakin tinggi jabatan yang dipegang, maka kadar atau besarnya celah untuk melakukan korupsi juga semakin tinggi.

Salah satu jabatan yang paling rentan untuk terjebak ke dalam kegiatan praktek korupsi ialah direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Tantangan terbesar dari menteri BUMN saat ini yaitu Erick Thohir, tentunya menjaga citra 142 perusahaan di bawah kementriannya untuk jauh dari praktek korupsi.

Adanya wacana dari pendiri Mahaka Group tersebut dalam meregulasi pembentukan anak usaha BUMN patut diapresiasi, mengingat pembentukan anak usaha BUMN yang tidak jelas visi dan misinya, hanya dimanfaatkan oknum – oknum tertentu untuk menggerogoti harta kekayaan BUMN saja.

Hal yang tidak kalah pentingnya yang ha­rus menjadi perhatiannya ialah penunjukan direksi dalam BUMN seyogianya harus mempunyai kapasitas dan kapabilitas yang layak.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved