Goa Kelambit di Baturaja OKU, Kala Tempat Hidupnya Kelelawar Disulap Jadi Objek Selfie Menarik

Bila anda ingin berselfi dengan nuansa berbeda, Gua Kelambit (kelelawar—Red) menjadi tempat yang pas untuk berswafoto.

Goa Kelambit di Baturaja OKU, Kala Tempat Hidupnya Kelelawar Disulap Jadi Objek Selfie Menarik
sripoku.com/leni juwita
Pengunjung berpose di salah satu bagian Goa Kelambit OKU. 

Laporan wartawan sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Bila anda ingin berselfi dengan nuansa  berbeda, Goa Kelambit (kelelawar—Red) menjadi tempat yang pas untuk berswafoto atau selfie. Lokasinya berada ditengah Kota Baturaja hanya berjarak 400 M dari Citimall Baturaja.

Goa dengan panjang sekitar 200 M ini berada di areal sekitar 1 hektare dilengkapi kolam tempat mandi dan bermain anak-anak, taman dan fasilitas lainnya yang bisa membuat anda merasakan berlibur dengan nuansa yang  berbeda.

Selain Jembatan Ampera, Ini 13 Objek Wisata Lainnya yang tak Kalah Menarik di Kota Palembang

Bagi wisatawan minat khusus yang hobi tantangan dan seru-seruan wajib berkunjung ke obyek wisata yang berlokasi di Desa Tanjungbaru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Apalagi berwisata ke Goa Kelambit masih gratis alias belum dipungut retribusi.

Desa Tanjungbaru, dengan luas 31 KM persegi dengan jumlah penduduk 11 000 jiwa lebih, kini menjadi salah satu desa yang diunggulkan destinasi wisatanya.

Salah satu penampakan di Goa Kelambit.
Salah satu penampakan di Goa Kelambit. (sripoku.com/leni juwita)

Tanjungbaru merupakan desa yang unik di Kabupaten OKU, meskipun masih berstatus desa namun di wilayah ini memiliki fasilitas dan sarana umum terlengkap.

Dibidang pendidikan ada Universitas Baturaja, AKMI,  kemudian pusat Sekolah Islam Terpadu, SIT Tunas Cendikia dan Fathona.

Ini 3 Tempat Wisata di Muratara, Ada Danau Rayo, Danau Bukit Layang, dan Taman Bunga Agropolitan

Sedangkan untuk pecinta traveller, ada Hotel Bukit Indah Lestari, Pusat Perbelanjaan modern dan terbesar di Kota Baturaja, Citimall. Ada juga  Stadion Kemiling , Kolam Renang Standar Oliympiade, pusat kesehatan masyarakat Rumah Sakit St Anotonio, SPBU, pusat pemerintahan dan BUMS.

Kini ditambah lagi dengan diresmikannya obyek wisata goa di dalam kota, Goa Kelambit yang sudah disulap menjadi tempat wisata murah meriah dan terjangkau ini menambah fasilitas berlibur.

Kepala Desa Tanjungbaru, Amin Rahman kepada Sripoku.com Minggu (29/12/2019) menjelaskan,  ke depan obyek wisata Gua Kelambit diharapkan akan menjadi magnet wisatawan berkunjung ke Kota Baturaja.

Menurut Kades, Goa Kelambit sebelumnya hanya tempat bersarang kelelawar.

Pada zaman penjajahan Belanda, Goa Kelambit memberi manfaat bagi masyarakat.

Alfrenzi Panggarbesi Yakin Gubernur Perhatikan Agrowisata Pagaralam, Reses Dewan Sumsel Dapil VII

Goa ini menjadi tempat dalam menyelamatkan nyawa manusia pada masa penjajahan Belanda, Goa Kelambit menjadi bunker (tempat berlindung) atau bersembunyi karena kemampuan goa ini menahan gempuran bom saat terjadi serangan udara.

Kades yang juga didampingi Direktur Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Mandiri, Jamri Rison menjelaskan pembangunan fasilitas obyek wisata Goa Kelambit  berdasarkan Perdes Tanjungbaru Nomor 002. Tahun 2018 Tentang pembentukan Bumdes.

Pembangunan  dikerjakan secara bertahap dengan diawali membangun fasilitas pendukung. Seperti jalan setapak, mempercantik dinding gua dengan cat warna warni, membuat tamandan kolam.

Penulis: Leni Juwita
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved