Jenis Penyakit Jantung itu Banyak, Inilah Jenis Penyakit Jantung yang Paling Umum

Penyakit jantung itu jenisnya banyak, yang paling umum dialami adalah penyakit jantung koroner.

https://www.google.co.id/
Ilustrasi - Penyakit jantung itu jenisnya banyak, yang paling umum dialami adalah penyakit jantung koroner. 

SRIPOKU.COM - Tidak semua penyakit jantung merupakan serangan jantung. Hal ini yang sering salah dipahami oleh masyarakat.

Ditegaskan oleh Dokter Spesialis Dalam dan Konsultan Kardiovaskular Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Sally Aman Nasution, Sp.PD, KKV, dalam acara Penyakit Jantung pada Perempuan, Jakarta, Rabu (11/12/2019), ada banyak jenis penyakit jantung.

“Penyakit jantung itu jenisnya banyak. Nah serangan jantung itu hanya salah satunya di antaranya saja,” kata dia.

Kenali Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini, Berikut Cara Pencegahannya

Polusi Suara Bisa Picu Hipertensi dan Jantung Koroner

Selain serangan jantung, beberapa jenis penyakit jantung lainnya adalah penyakit jantung bawaan, penyakit arteri koroner (jantung koroner), penyakit otot jantung, penyakit katup jantung, bradikardi (denyut jantung lambat atau lemah), gagal jantung, penyakit jantung rematik dan lain sebagainya.

Namun, yang paling umum dialami adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini disebabkan oleh adanya hambatan aliran darah ke jantung.

Di dalam jantung yang bertugas memompa darah terus-terusan, ada otot jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh untuk memberikan oksigen dan nutrisi melalui pembuluh darah.

“Makanya meskipun tidur, otot jantung harus terus bekerja untuk memompa darah supaya kondisi tubuh baik terus,” ujar Sally.

Akan tetapi, adanya penyempitan pembuluh darah koroner yang diakibatkan oleh adanya plak, akan menghambat kinerja otot. Saat secara tiba-tiba, penyempitan pembuluh darah koroner karena plak itu pecah, hal itu juga dapat menghentikan asupan oksigen untuk otot jantung.

“Hal ini dapat mengakibatkan otot jantung mengalami kematian sel dan jantung ikut terganggu bahkan buruknya dapat berhenti,” tuturnya.

Faktor risiko
Faktor risiko penyakit jantung secara umumnya dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu faktor risiko yang dapat dimodifikasi dan yang tidak dapat dimodifikasi.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved