Advertorial

Integrasi Peternakan dan Hortikultura oleh SMK PP Negeri Sembawa

Tujuan dari integrasi ini memanfaatkan lahan di belakang kandang dan memanfaatkan limbah ternak yang sudah difermentasi berupa kotoran ternak

Integrasi Peternakan dan Hortikultura oleh SMK PP Negeri Sembawa
SRIPOKU.COM/SMK PP SEMBAWA
Tiga siswa menanam kangkung di lingkungan ternak di SMK PP Negeri Sembawa 

Integrasi Peternakan dan Hortikultura oleh SMK PP Negeri Sembawa

Laporan wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN - Sekolah pendidikan Pertanian Sembawa kelas XI Program Studi Agribisnis Ternak Unggas, pada semester ganjil melakukan integrasi peternakan dengan hortikultura berupa pemanfaatan lahan sekitar kandang dengan menanam kangkung.

Mahir dalam dunia peternakan juga mahir dalam dunia hortikultura.

Siswa memanfaatkan lahan di belakang kandang untuk ditanami kangkung dan memanfaatkan limbah dari peternakan yang sudah difermentasi seperti kotoran ternak (peses) yang dijadikan sebagai pupuk organik.

Tujuan dari integrasi ini memanfaatkan lahan di belakang kandang dan memanfaatkan limbah ternak yang sudah difermentasi berupa kotoran ternak sebagai pupuk organik.

Kepala Sekolah SMK PP Negeri Sembawa Banyuasin Ir Mattobi'I MP melalui Ujang Muhammad selaku pembimbing mengatakan, siswa tidak hanya jago di dalam ilmu pertanian juga harus jago di bidang dunia hortikultura.

SMK PP Negeri Sembawa Dukung Gelar Pangan Lokal di Jogyakarta

"Berternak sambil bertani satu solusi dalam peningkatan keterampilan," kata Ujang, Sabtu (7/12/2019). Untuk itu siswa harus terampil.

Sebagai salah satu dari berbagai jenis sayuran hijau, kangkung memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang berkhasiat bagi tubuh.

"Kangkung sehat untuk dikonsumsi," singkatnya.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved