Advertorial

OJK Dorong Optimalisasi Peran Agen Laku Pandai di Kabupaten Musi Banyuasin

Tujuan kegiatan adalah business matching antara industri jasa keuangan dengan masyarakat Agen LAKU PANDAI dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

OJK Dorong Optimalisasi Peran Agen Laku Pandai di Kabupaten Musi Banyuasin
Dok Bank BRI
BERTEMPAT di Wisma Atlet Kabupaten Musi Banyuasin, Sekayu, Selasa 3 Desember 2019, dilaksanakan Pertemuan Bisnis dalam Rangka Optimalisasi peran Agen LAKU PANDAI dalam penyaluran KUR kepada Pengurus BUMDES se-Kabupaten Musi Banyuasin. 

OJK Dorong Optimalisasi Peran Agen Laku Pandai di Kabupaten Musi Banyuasin

BERTEMPAT di Wisma Atlet Kabupaten Musi Banyuasin, Sekayu, Selasa 3 Desember 2019, dilaksanakan Pertemuan Bisnis dalam Rangka Optimalisasi peran Agen Laku Pandai dalam penyaluran KUR kepada Pengurus BUMDES se-Kabupaten Musi Banyuasin.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan realisasi program Pokja Peningkatan UMKM dengan koordinasi Dinas PMD Provinsi Sumsel, Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin, Bank Pelaksana KUR dan Agen Laku Pandai BRI Kanwil Palembang, Kanca BRI Sekayu, OJK Kantor Regional 7 Sumbagsel serta Biro Perekonomian Sekda Provinsi Sumsel sebagai Sekretariat TPKAD.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan, Sabil, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah business matching antara industri jasa keuangan dengan masyarakat Agen Laku Pandai dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), agar meningkatkan akses keuangan masyarakat di Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Musi Banyuasin.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan pengurus BUMDES khususnya mengenai akuntansi atau teknik pembukuan sederhana dan optimalisasi bisnis sebagai Agen LAKU PANDAI, khususnya Agen Laku Pandai Bank BRI yang disebut AGEN BRILINK.

Hal ini pada akhirnya dapat mencapai target indeks inklusi dan literasi keuangan sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2016, yaitu target inklusi sebesar 75% dan target literasi 35% pada akhir tahun 2019.

Hasil survey pada tahun 2019, target tercapai dengan tingkat literasi 38.03% dan tingkat inklusi 76.19%.

Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, H Ibnu Saad Ssos MSi dalam sambutannya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini dan pada prinsipnya Pemkab Muba mendukung Program OJK dalam mendorong optimalisasi peran BUMDES.

“Pertemuan bisnis ini mengisyaratkan bahwa Kabupaten Muba sangat bersemangat dan berdedikasi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat “.

Ibnu juga menghimbau agar BUMDES melakukan administrasi keuangan dengan baik, dengan demikian dapat membuat BUMDES maju dan berkembang, serupiah pun pengeluaran dan pemasukan uang harus dipertanggungjawabkan.

Pemimpin Cabang BRI Sekayu Elizabet Primasari, menyampaikan, “jumlah Agen Laku Pandai yaitu AGEN BRILINK di Kabupaten Musi Banyuasin berjumlah 1.176 agen BRILINK, diantaranya terdapat 96 AGEN BRILINK BUMDES.

AGEN BRILINK adalah satu bisnis rintisan yang ditawarkan Bank BRI kepada BUMDES, agar masyarakat dapat mengakses layanan keuangan lebih mudah, lebih dekat, disamping itu desa juga memperoleh pendapatan dari aktivitas transaksi BRILINK.”

“Bank BRI berkomitmen untuk mendampingi mitra BUMDESnya agar dapat meningkatkan kapasitas bisnisnya, sehingga mampu menjadi penggerak ekonomi desa, seperti halnya kegiatan yang hari ini dilakukan adalah pelatihan belajar membuat laporan keuangan usaha.”

Editor: Sudarwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved