Hari Ikan Nasional, Pemkab OKU Sebar 307.000 Ekor Bibit Ikan Nilem dan Baung

Sebanyak 307.000 ekor ikor bibit ikan nilem dan baung disebar di semua cekdam (tanggul pengendali) yang ada di Batumarta dan dialiran Sungai Ogan.

Hari Ikan Nasional, Pemkab OKU Sebar 307.000 Ekor Bibit Ikan Nilem dan Baung
sripoku.com/leni juwita
Bupati OKU Drs H Kuryana Azis bersama Muspida OKU dan Kadin Perikanan OKU Ir HJ Tri Aprianingsih menabur benih nilem dan baung di Kelompok budi daya ikan “Maju Bersama” Kelurahan Sepancar Kecamatan Baturaja Timur OKU. 

Laporan wartawan sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Sebanyak 307.000 ekor bibit ikan nilem dan baung disebar di semua cekdam (tanggul pengendali) yang ada di Batumarta dan dialiran  Sungai Ogan. Restocking (penebaran kembali benih Ikan)  mulai dilakukan  Selasa (3/12/2019).

Restocking  secara simbolis ini dilakukan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis dipusatkan di pusat Kelompok budi daya ikan “Maju Bersama” Kelurahan Sepancar Kecamatan Baturaja Timur OKU. Setelah penebaran benih ikan dilanjutkan dengan panen raya Ikan Lele dan Peringatan Harkanas ke 6 Tahun 2019.

Kisah Nyata Ikan Paus yang Minta Bantuan ke Nelayan Saat Terlilit Tali, Ini Terjadi Setelahnya

Kepala Dinas Perikanan Ir Hj Tri Aprianingsih menjelaskan, pada Peringatan Hari Ikan Nasional ke 6 Tahun 2019 di OKU beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain  Penebaran kembali benih Ikan (Restocking) di setiap cekdam dan Sungai Ogan sebanyak 307.000 ekor ikar nilem dan baung.

Kemudian pengukuhan Kelompok Masyarakat Pengawas Perairan Umum dan daratan (Pokmaswas PUD) Kabupaten OKU dan pengukuhan Gapokkan Kabupaten OKU.

Selain itu Dinas Perikanan dan Peternakan OKU memberi bantuan sarana prasarana pengolahan ikan sebanyak 3 paket kepada 3 kelompok Unit Pengolahan Ikan (UPI).

Kemudian bantuan  alat tangkap ikan ramah lingkungan (jaring dan jala) sebanyak 10 set kepada Pokmas PUD “Ogan Jaya” kecamatan Lubukbatang.

Cerita Awal Aipda Purnomo Dirikan Ojek Gratis untuk Yatim Piatu, Bermodalkan Tunjangan Jabatan

Lebih jauh Ir Hj Tri Aprianingsih yang didampingi Kabid Pemberdayaan perikanan Farida Hanim S.Pi M.Si dan Kabid Pengelolaan Budi Daya Ikan M Nazili SPI Msi menjelaskan, tujuan peringatan Harkanas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya mengkonsumsi ikan karena gizi berkualitas tinggi,Omega3, anti oksida dan bisa dikonsumsi oleh semua tingkatan usia.

Selain itu juga dilakukan sebagai pengingat bahwa Kabupaten OKU memiliki potensi perikanan yang harus  dimanfaatkan optimal dan tetap menjaga  kelestarian  alam.  

Kadin yang juga didampingi Kasi Perizinan dan Pengawasan Sumber Daya Ikan, M Alim Hidayatullah Spi mengatakan, Restocking merupakan  upaya penambahan stock ikan di perairan umum daratan (sungai)  yang dianggap telah mengalami krisis akibat penggunaan alat tangkap yang dapat merusak kelangsungan kehidupan ikan dan biota air lain.

Seperti penggunaan setrum, putas, serta penggunaan jaring dengan mata jaring  yang terlalu kecil.

Pemuda NTT Tewas Disambar Petir saat Terima Telepon, Ada 10 Titik Luka Mengerikan Ditubuh & Kemaluan

Sehingga populasi ikan mulai dari induk hingga anak ikan habis. Dinas Perikanan OKU sangat berterima kasih kepada pihak BUMN, BUMD dan investor yang ada di OKU terutama kepada Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja yang telah berperan aktif dalam kegiatan Hari Ikan Nasional di OKU.

Sedangkan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis memuji  upaya yang dilakukan Dinas Perikanan, Bupati juga mengajak semua masyarakat agar menjaga ekosisitim air  untuk kepentingan bersama. 

Penulis: Leni Juwita
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved