Berita Kayuagung

Legenda Kelurahan Perigi Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI, Cerita Kesaktian Keluarga Langkuse

Dusun Perigi atau Kelurahan Perigi yang ada di wilayah Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyimpan cerita legenda tersendiri.

Legenda Kelurahan Perigi Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI, Cerita Kesaktian Keluarga Langkuse
TRIBUN SUMSEL.COM/Nando zein
Kantor Kelurahan Perigi, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir mengandung sejarah masa lalu. 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Dusun Perigi atau yang sekarang dikenal sebagai Kelurahan Perigi yang ada di  wilayah Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyimpan cerita legenda tersendiri yang memiliki nilai sejarah.

Cerita yang cukup melekat dengan kelurahan Perigi yakni dimulai dari sebuah cerita bahwa di suatu daerah yang ada di seberang sungai Komering Kecamatan kota Kayuagung, terdapat sebuah daerah yang dikenal sangat tenang dan banyak dihuni oleh beberapa kiyai (tokoh agama) serta orang- orang sakti.

Diantara penghuni yang memiliki kesaktian tersebut, salah satunya ialah keluarga Langkuse.

Langkuse memiliki seorang adik perempuan yang dikenal sebagai perempuan yang sulit untuk dipermainkan para laki-laki yang akan menggodanya.

"Adik Langkuse juga punya kekuatan sakti, letak kesaktian itu ada di air liurnya yang apabila dia menyumpah orang yang mengganggunya secara semena-mena adiknya ini akan menyemburkan air ludahnya kearah si pengganggu dengan sumpah serapahnya," kata Yuslizal Kasi Pengembangan seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKI, mengawali kisah zaman dahulu di Kelurahan Perigi, Senin (2/12/2019).

Sedangkan si Langkuse, aktivitasnya sehari-hari yakni membantu keluarga untuk bercocok tanam serta mengambil tanah Iiat untuk membuat keramik sebagai mata pencaharian keluarga.

"Selain sering membantu keluarganya, Langkuse ini dikenal oleh orang setempat sebagai sosok yang penolong serta bijaksana,"

"Langkuse juga memiliki kesaktian, ia sering masuk ke hutan di belakang dusun untuk bersemedi mencari kekuatan batin sambil mempertebal ilmunya," jelasnya.

Selain hutan yang letaknya berada di belakang dusun digunakan untuk bersemedi, ternyata ada sebuah lubang yang sangat dalam terbentuk karena faktor alam serta berisi air yang bisa digunakan untuk keperluan memasak dan bisa diminum tanpa dimasak lagi.

"Air yang ada dalam lubang itu sangat memberi manfaat dan kehidupan sejuk bagi masyarakat setempat. Lubang itu juga yang selalu memberi petunjuk kesaktian pada diri Langkuse," tuturnya.

Halaman
123
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved