Breaking News:

Cegah Kebakaran Hutan di Lahan Gambut, Balai Perbenihan Tanaman Hutan Tanam 1000 Pohon di OKI

Cegah Kebakaran Hutan di Lahan Gambut, Balai Perbenihan Tanaman Hutan Tanam 1000 Pohon di OKI

Editor: adi kurniawan
Limassripo
Cegah Kebakaran Hutan di Lahan Gambut, Balai Perbenihan Tanaman Hutan Tanam 1000 Pohon di OKI 

Cegah Kebakaran Hutan di Lahan Gambut, Balai Perbenihan Tanaman Hutan Tanam 1000 Pohon Untuk Masa Depan

PALEMBANG, SRIPOKU.COM - Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah 1 menggelar acara bertajuk Gerakan Nasional Pemulihan DAS Tahaun 2019 dengan tema “Pulihkan Lahan, Untuk Masa Depan” serta dilakukan penanaman 1000 pohon pada lahan gambut.

Acara yang bertempat di Desa Menang Raya Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI, dengan diikuti oleh ratusan undangan mulai dari kalangan Siswa SMA sampai Organisasi terkemuka.

Manager BPTH Wilayah 1 Riza Yanuardie, S,Hut, M.SI, sekaligus pelopor kegiatan, mengungkapkan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk meminimalisir kebakaran hutan dan mensosilisasiskan penggunaan Polybag Organik.

“Kita pilih lokasi di Desa Menang Raya Pedamaran karena ada kearifan lokal kerajinan rumput purun,” katanya, Kamis (28/11)

Riza juga menjelaskan, alasan urgensi acara ini karena lingkungan gambut menyimpan karbon yang besar dan saat musim hujan gambut tidak bisa menyimpan air karena daya porositas berkurang sehingga menyebabkan banjir.

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya Dr. Ir. Firdaus Sulaiman, M.Si, mengatakan menariknya dari kegiatan ini bisa dijadikan contoh dan informasi bahwa lahan gambut ada lebih dari ribuan hektar dan memberi tahu kepada perguruan tinggi cara untuk mengelola lahan gambut.

“Pada umumnya lahan gambut itu harus terus ada air karena ada pemanasan global yang naik terus menerus dan mengakibatkan potensi kebakaran meningkat,” jelasnya.

Firdaus mengungkapkan, harapaannya kegiatan ini tidak terputus di mahasiswa saja, semua generasi muda dapat memahami bagaimana cara mempelajari proses melindungi gambut dengan restorasi gambut.

"Jadi dengan adanya kegiatan seperti ini bukan hanya mahasiswa saja yang mempelajari proses melindungi lahan gambut, tetapi melalui mereka ini juga bisa meyebar luaskan untuk memelihara lahan gambut," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved