Disdik Ambil Alih Soal Ujian Untuk Kelas 4-6 SD di Palembang, Didistribusikan ke 368 SDN Swasta

Puluhan kardus berisi naskah soal ulangan semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 telah selesai didistribusikan kepada kepala SD di Palembang.

Tribunsumsel.com/Melisa Wulandari.
Suasana pembagian soal ujian kelas 4-6 untuk SD Negeri dan Swasta di halaman Dinas Pendidikan Kota Palembang, Rabu (27/11/2019). 

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Puluhan kardus berisi naskah soal ulangan semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 telah selesai didistribusikan kepada kepala SD di Palembang.

Pendistribusian ini berlangsung di halaman Dinas Pendidikan Kota Palembang yang beralamat di Jalan Pramuka, Srijaya, KM 5, Rabu (27/11/2019).

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan kota Palembang Bahrin mengatakan setelah naskah soal didistribusikan ke sekolah-sekolah maka tanggungjawab pelaksanaan dilimpahkan kepada pihak sekolah.

"Dengan demikian maka pelaksanaan ujian ini 100 persen tanggungjawab pihak sekolah dan sudah dijadwalkan ulangan semester ini insya Allah akan berlangsung pada 2-7 Desember mendatang," jelasnya.

Karena tidak ada kerja sama dengan pihak kepolisian untuk antisipasi kebocoran soal pihaknya memberi kepercayaan kepada kepsek dan guru di masing-masing SD agar dapat menyimpan dan mengamankan soal ujian yang diberikan dengan baik.

"Untuk mengantisipasi kekurangan soal, setiap sekolah diimbau untuk menjaga komunikasi yang baik dengan pihak Disdik kota Palembang agar bila terjadi kekurangan naskah soal, kami bisa langsung atasi dengan memberikan naskah soal cadangan yang sudah disiapkan sebanyak 3 koli," jelasnya.

Tak lupa dirinya memberikan saran kepada siswa saat akan menghadapi ulangan semester ganjil nanti agar siswa tidak menganggap remeh ulangan ini.

"Yang diujikan nanti kan berkaitan dengan mata pelajaran yang sudah dibahas atau disampaikan oleh guru dan kami berharap anak-anak didik dapat belajar dengan baik serta mereka bisa menjawab soal-soal yang bisa diberikan," katanya.

Kepala SDN 57 Palembang M Fazkurullah yang hadir saat pembagian naskah soal mengatakan tahun ini soal ujian bukan lagi pihak sekolah yang membuatnya.

"Alhamdulillah kali ini dikoordinir oleh dinas, jadi ya tidak ada masalah yang menghambat," katanya.

"Naskah soal yang dibawa ke sekolah ini akan kami simpan dan amankan karena di sekolah sudah disiapkan petugasnya agar naskah soal tetap terjaga keamanan dan kerahasiaannya," ujarnya.

Sementara itu, tahun ini merupakan tahun pertama naskah soal kelas 4-6 dibuat dan diambil alih oleh Disdik Palembang dan ada sebanyak 368 koli berisikan naskah soal ulangan semester ganjil.

Dus-dus yang berisi naskah soal ini kemudian dibagikan ke 18 kecamatan atau 6 korwil di kota Palembang dengan rincian 248 SD negeri dan 120 SD swasta. (Elm)

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved