Berita Palembang

Tahun 2020 Bunga KUR Turun Jadi 6 Persen, Plafonnya Meningkat dari Rp 25 Juta Jadi Rp 50 Juta

Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digelontorkan pemerintah melalui sejumlah bank BUMN akhir tahun ini turun.

Tahun 2020 Bunga KUR Turun Jadi 6 Persen, Plafonnya Meningkat dari Rp 25 Juta Jadi Rp 50 Juta
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Muhammad Adil, meninjau langsung budidaya ikan lele sekaligus memastikan pembiayaan KUR tepat guna di di Tegal Binagun, Rabu (26/09/2018). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digelontorkan pemerintah melalui sejumlah bank BUMN akhir tahun ini turun.

Tahun ini bunga KUR 7 persen akan turun menjadi 6 persen tahun depan yang telah diketok palu oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta.

Dia mengatakan jika bunga KUR turun bisa mendorong perekonomian rakyat sehingga kebiajkana yang dikeluarkan harus pro rakyat.

"Per Januari 2020 bunga KUR akan turun dari 7 persen jadi 6 persen," katanya di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Selain menurunkan bunga KUR, plafon KUR juga akan ditambah 36 persen dari semula Rp 190 triliun dari sebelumnya Rp 140 triliun. Peningkatannya akan dilakukan bertahap.

Hingga 2024, pemerintah menargetkan penyaluran KUR sebanyak Rp 325 triliun. Plafon KUR mikro juga akan naik dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta per debitur.

Di Sumsel sendiri sejumlah bank milik pemerintah telah menggelontorkan dana miliaran hingga triliunan rupiah menyalurkan Kur. 

Bank BRI, misalnya, bank tertua di tanah air ini dipercaya menyalurkan KUR sebesar Rp 2,9 triliun untuk tiga provinsi yakni Sumsel, Babel dan Jambi.

Baznas OKI Bantu Modal Pedagang Sayur Keliling, Kantin Sekolah dan Bedah Rumah tak Layak Huni

Duel Maut Driver Gocar vs Dua Begal: Nova Rebut Pisau Bikin Pelaku Terbirit, Korban Sempat Kritis

Dedi Nekat Menjambret karena tidak Punya Uang untuk Membayar Utang Biaya Pernikahannya

Penyaluran KUR terbanyak difokuskan pada usaha mikro sebesar Rp 2,67 triliun dan sisanya Rp 600 juta untuk KUR UMKM kecil.

Pemimpin Wilayah BRI Cabang Palembang I Wayan Nasta mendukung langkah pemerintah menurunkan bunga KUR karena bisa memacu pertumbuhan sektor UMKM.

"Sangat bagus bagi pertumbuhan sektor UMKM dan juga pertumbuhan ekonomi daerah dan Nadional. Sehingga daya saing UMKM menjadi lebih baik," ujarnya, Selasa (12/11/2019).

Sementara itu Bank Sumsel Babel (BSB) tahun ini menyalurkan KUR Rp 500 miliar. Angka ini naik Rp 200 miliar dari target awal tahun yang hanya Rp 300 miliar. Sektor yang paling fokus akan dibiayai KUR BSB yakni pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan juga pengolahan.

Sektor usaha mikro akan mendapat porsi 30 persen dari total semua porsi yang bakal  disalurkan. 

Porsi penyaluran KUR akan disesuaikan dengan potensi masing-masing daerah.

Laporan wartawan tribun sumsel.com/Hartati

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved