Refreshing Bagi Siswa, Satu Hari Belajar di Luar Ruang

Ratusan siswa di SDN 30 Palembang terlihat senang, ada yang bermain lompat tali, petak umpet, atau congklak. Ada pula yang terlihat belajar di mushola

Refreshing Bagi Siswa, Satu Hari Belajar di Luar Ruang
SRIPOKU.COM/Zaini
CUCI TANGAN --- Ratusan siswa SD N 30 Palembang, Jalan Sungai Tawar 29 Ilir mencuci tangan sebelum makan, mengikuti pelaksanaan belajar sehari di luar kelas, Kamis (7/11/2019). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Suasana SDN 30 Palembang yang terletak di Jalan Sungai Tawar 29 Ilir ini terlihat berbeda bila dibandingkan dengan hari biasanya.

Ratusan siswa di SDN 30 Palembang terlihat senang, ada yang bermain lompat tali, petak umpet, atau congklak. Ada pula yang terlihat belajar di mushola, membaca di perpustakaan, atau mewarnai di halaman tengah sekolah.

Siswa juga diajak makan dan senam bersama di halaman depan sekolah dan tak lupa menyanyikan lagu-lagu daerah. Salah satu anak berkebutuhan khusus (ABK) yang sekolah di SD inklusi ini, Farhan mengaku sangat senang bisa belajar di ruang kelas.

Ribuan Perawat dan Warga Gelar Aksi Cuci Tangan Sehat

Makan Pakai Tangan Memang Nikmat, tapi Jangan Lupa Cuci Tangan

"Hari ini sangat menyenangkan, saya dan teman-teman bisa makan bersama di halaman sekolah, kami juga bisa bermain sepuasnya lebih lama dari jam istirahat sekitar 3 jam lebih," katanya sembari tersenyum, Kamis (7/11).

Kepala SDN 30 Palembang Nuraini mengatakan pihaknya memberikan suasana berbeda kepada siswa. Untuk satu hari ini tidak masuk ke dalam kelas. "Mereka hanya melakukan aktivitas belajarnya di luar kelas dengan diisi berbagai kegiatan yang pastinya disukai oleh siswa," katanya.

"Semua guru wajib menyambut siswa dengan Senyum, Sapa, Salam (3S) kemudian dilanjutkan upacara, siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya, Palembang emas, cuci tangan sebelum makan, sarapan sehat, baca buku di perpustakaan, mewarnai di luar kelas, senam dan bermain permainan tradisional seperti congklak, lompat tali dan masih banyak lagi," ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk untuk menghilangkan kepenatan atau refreshing bagi mereka. "Belajar di luar kelas ini juga merupakan kampanye global untuk menginspirasi aktivitas belajar dan bermain di luar kelas," katanya.

"Dengan mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran dan mengusung berbagai tema yakni perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan sehat setiap hari, pendidikan karakter, cinta tanah air, serta melestarian permainan tradisional," terangnya.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan dalam rangka mendukung penerapan sekolah ramah anak. "Tujuan dari kegiatan sehari belajar di luar kelas yang dilaksanakan serentak ini adalah untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran yang lebih menyenangkan," tutupnya. (elm/TS)

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved