Tak Ingin Kejadian Sekolah Ambruk di Pasuruan Terjadi, Dikbud OKU Timur Rehab SD dan SMP

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten OKU Timur tahun 2019 melakukan rehabilitasi puluhan bangunan sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SD.

Tak Ingin Kejadian Sekolah Ambruk di Pasuruan Terjadi, Dikbud OKU Timur Rehab SD dan SMP
SRIPOKU.COM/ZAINI
Bangunan sekolah yang rusak beberapa waktu yang lalu. 

Laporan wartawan sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten OKU Timur tahun 2019 melakukan rehabilitasi puluhan bangunan sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD).

Kadis Dikbud Wakimin melalui Kepala Bidang Pembinaan Dikdas Kabupaten OKU Timur Dodi Purnama, ST, MM mengatakan, perehaban bangunan sekolah tersebut dilakukan berdasarkan penetapan bersama Tim Teknis Kabupaten dengan Tim Teknis Kemendikbud.

Sekolah yg mendapat bantuan tentunya sekolah yang telah mengusulkan melalui Data Pokok Pendidikan (DAPODIK).

Bukan hanya rehab sekolah pihaknya juga membangun rumah guru pada sekolah terpencil, ruang PSP Inklusif, Laboratorium IPA SMP, jamban SD, rehab laboratorium IPA SMP, perpustakaan dan rehabilitasi kantor.

“Pada tahun 2019 ini kita tidak hanya membangun atau merehabilitasi ruang kelas saja tapi juga fasilitas lainnya.

Hal ini dilakukan demi menunjang kegiatan belajar mengajar.

Namun begitu, kita lihat bangunan sekolah mana yang dinilai sudah tidak layak sebelumnya kita lakukan peninjauan, kita pastikan mana sekolah yang ruang kelasnya perlu direhab atau tidak,” katanya.

Dodi menyebutkan, terdapat 82 pembanguan dan rehabilitasi ruang belajar dan fasilitas sekolah yang terdiri dari 32 SMP dan 50 SD.

Jumlah tersebut yakni bangunan sekolah yang dinilai sangat urgen untuk dilakukan perehaban atau perbaikan ruang belajar.

“Semua kita lakukan untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar dan biaya semua bersumber dana APBN dan APBD.

Sampai saat ini pelaksanan pembanguan dan rehap masih berjalan," ucapnya.

Diimbau kepada sekolah-sekolah pelaksanaan kegiatan pembangunan dan rehabilitasi sekolah, agar pelaksanaannya disesuaikan dengan Petunjuk Teknis (Juknis) dan mengacu pada RAB serta gambar bangunan.

"Kita berharap agar dengan adanya fasllitas dan sarana disediakan oleh pemerintah maka mutu kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten OKU Timur dapat meningkat.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved