Human Interest Story

Richianto Budiman Satu-satunya Wakili Indonesia di HKIMO 2020

Richianto juga menjadi satu-satunya peserta yang mewakili Indonesia di ajang Hong Kong International Mathematical Olimpiad

Richianto Budiman Satu-satunya Wakili Indonesia di HKIMO 2020
ISTIMEWA
Richi berhasil menyabet gelar Top Skor dan Medali Emas di ajang Genius English Sciences Math Olmpiad (GESMO) yang diadakan oleh Genius Educlinic International Foundation di hotel Amaris Season City Jakarta, Sabtu (2/11). 

RICHIANTO Budiman, siswa kelas 3 SD di SDK Frater Xaverius 2 Palembang menyabet gelar top skor di ajang Genius English Sciences Math Olmpiad (GESMO) yang diadakan oleh Genius Educlinic International Foundation di Hotel Amaris Season City Jakarta, Sabtu (2/11) lalu. Ia mengalahkan siswa SD dan SMP yang ikut olimpiade tersebut.

Dengan predikat tersebut, ia berhak mengikuti olimpiade Matematika di Hongkong. Richianto juga menjadi satu-satunya peserta yang mewakili Indonesia di ajang Hong Kong International Mathematical Olimpiad (HKIMO) 2020.

"Saat itu jumlah peserta babak penyisihan 1000-an. Hanya yang mencapai passing grade benar 75 persen saja yang bisa lolos ke tingkat nasional. Final tingkat nasional di Jakarta, Hotel Amaris Season City 2-3 November 2019 yang lalu dengan jumlah peserta 246 orang terbagi dalam 3 kategori yaitu Lower Primary, Upper Primary dan Junior High Math," ujar ayah dari Richi, Heri yang ikut menemani anaknya ke Jakarta.

Richi berhasil memperoleh emas dalam kategorinya sebagai Lower Primary sekaligus sebagai top scorer. "Alias peraih nilai tertinggi setelah perankingan dalam 3 kategori tersebut sehingga berhak mewakili Indonesia dalam ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2020," tambah Heri.

"Saya gak nyangka juga Richi bisa sampai juara saya sempat down saat itu karena lawan Richi di sana anak-anak yang biasa ikut olimpiade sampai ke Korea dan Richi perdana ikut sampai nasional. Tapi berkat doa, kerja keras dan takdir dari Tuhan, Richi bisa wakili Indonesia bertanding ke Hongkong," kata bapak dua anak ini.

Richi juga sempat mengaku kesulitan menjawab kepada ayahnya setelah selesai mengisi soal. "Ya soalnya susah, ada 30 soal pilihan ganda semua tapi masih bisa saya jawab," jawab Richi dengan malu-malu.

Diakui oleh Heri, Richi memang memiliki bakat Matematika dari kecil namun minat anaknya ini berbeda dengan dirinya. "Ya saya minatnya di bahasa tapi Richi di Matematika, Richi juga pernah ikut tes IQ kemudian tes sidik jari dari aitu terlihat ada 8 kecerdasan salah satunya yang paling menonjol dari dia ini logika matematika," jelasnya.

Kepala SDK Frater Xaverius 2 Palembang Fr Verdinandus L Ngongo BHK SPd mengatakan, ia sangat bangga dengan Richi karena bisa membawa nama baik Palembang dan Sumsel tapi bisa mewakili Indonesia untuk ikut olimpiade Matematika di Hongkong.

"Prestasi yang luar biasa ya, kami tentu sangat mendukung dan terus memfasilitasi anak-anak berbakat di sekolah ini seperti Richi salah satunya dan terus mengarahkan agar dia menjadi lebih baik lagi," tutupnya. (melisa wulandari)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved