UMK Lahat Ikuti Besaran UMP

Pekerja atau buruh yang ada di Kabupaten Lahat akan terjadi kenaikkan upah minimum yang didapat pekerja per Januari 2020 mendatang.

UMK Lahat Ikuti Besaran UMP
umkterbaru.blogspot.com
Upah Minimum Kabupaten/Kota. 

Laporan wartawan sripoku.com, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Kabar gembira bagi pekerja atau buruh yang ada di Kabupaten Lahat.

Pasalnya, akan terjadi kenaikkan upah minimum yang didapat pekerja per Januari 2020 mendatang.

Jika di tahun 2019 hanya Rp2.804.453 terhitung Januari 2020 naik Rp3.043.111.

Hal tersebut seperti dikatakan Kepala Disnakertran Pemkab Lahat, H Ismail Hanafiah.

Diterangkan Ismail, hal tersebut merujuk kepada surat gubernur Sumsel yang menetapkan upah minimum provinsi (UMP) sebesar Rp3.043.111.

Pihaknya sendiri Kata Ismail, sudah menerima surat tersebut.

"Ya terjadi kenaikkan upah minimum dan kita masih ikut UMP sebab Lahat sendiri belum punya UMK, "terangnya, didampingi Kabid HI Jamsostek, Tubiska Surya Jaya dan Kasi Pengupahan dan jamsos tenaga kerja, Aiwa Marlina, Selasa (5/11/2019).

Ketika ditanya kenapa di Lahat tidak ada UMK, ia menjelaskan karena di Lahat berlum terbentuk dewan pengupahan yang beranggotakan unsur pemerintah, pengusaha dan pergururuan tinggi sehingga UMK di Lahat tidak ada. Kendati demikian ditambahkannya ada solusi lain yakni upah minimum sektor provinsi (UMSP).

Namun demikian ketentuan penerapan UMSP sendiri belum diterbitkan oleh Gubernur.

"Ya karena UMK kita belum terbntuk kita merujuk ke UMP. Tapi bisa saja nanti kalau sudah diterbitkan kita mengacu kepada UMSP.

Kalau secara tingkatan besaran upah minimum UMP memang paling rendah. Itu juga bisa jadi faktor kenapa UMK itu gak terbentuk. Kalau UMSP itu lebih tinggi dari UMK,"terangnya.

Sementara ditambahkan Ismail, jika sudah berlaku UMP di tahun 2019, pengawasan sendiri akan dilakukan oleh Pemprov Sumsel.

"Ya tentu ini menjadi kabar baik bagi buruh atau pekerja di Lahat dengan adanya kenaikkan upah minimum yang didapat, " katanya.

Penulis: Awijaya
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved