Pemkab Banyuasin Kenalkan SIMATUR di Ajang 100 Smart City

"Salah satu aplikasi yang terus kami kembangkan adalah Sistem Informasi Manajemen Infrastruktur atau yang kita singkat Simatur,"

Pemkab Banyuasin Kenalkan SIMATUR di Ajang 100 Smart City
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Pemkab Banyuasin Kenalkan SIMATUR di Ajang 100 Smart City 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

Pemkab Banyuasin Kenalkan SIMATUR di Ajang 100 Smart City

SRIPOKU.COM, JAKARTA–Kegiatan evaluasi tahap 2 gerakan menuju 100 Smart City yang digelar di Balai Sudirman Jakarta, menjadi ajang memperkenalkan Sistem Manajemen Infrastruktur (Aplikasi Simatur) kepada Publik.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin Aminuddin SPd SIP MSi, Selasa (5/11/2019) usai memaparkan Konsep Simatur dihadapan para assesor Kemenkominfo.

Aminuddin mengatakan, melalui konsep smart city, layanan pemerintah dapat lebih cepat, serta berdampak kepada masyarakat. Teknologi tidak bukan semata-mata milik orang kota.

Namun tekologi saat ini juga dapat diakses di pedesaan, selagi di desa tersebut terakses dengan jaringan internet, maka masyarakat desa dapat terakses. Dengan begitu dapat meningkatkan produktivitas daerah dan daya saing ekonomi.

"Smart city diharapkan dapat membantu solusi permasalahan di Banyuasin dan memberikan manfaat bagi pemerintah serta masyarakat yakni peningkatan kualitas hidup seperti efisiensi dan efektifitas alokasi sumber daya daerah," kata Aminuddin.

Penerapan smart city di Kabupaten Banyuasin telah diterapkan melalui enam dimensi yakni, smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living.

"Untuk tahun 2019, rata-rata keenam komponen itu telah berjalan 80 persen," ungkapnya.

Menurut Aminuddin, dalam mewujudkan pengembangan Smart City, dibutuhkan penggerak yang diantaranya aplikasi-aplikasi sederhana yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Mat Bodok
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved