Human Interest Story

Jadi Calon Kapolri, Komjen Pol Idham Azis: Mimpi pun Tidak

Komisi III DPR mendatangi kediman Idham sebagai bagian dari proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

Jadi Calon Kapolri, Komjen Pol Idham Azis: Mimpi pun Tidak
kompas.com
Komjen Pol Idham Azis 

JAKARTA, SRIPO -- Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Polisi Idham Azis bersama Fitri Handari, istri, mengaku kaget ketika namanya muncul sebagai calon Kapolri. Idham menjadi orang nomor 1 di korps Bhayangkara setelah Tito Karnavian ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Dalam Negeri.

“Ketika kami mendapat kabar (Idham Azis sebagai calon Kapolri, Red), kami benar-benar kaget, karena pembicaraan ini tidak ada di keluarga kami. Mimpi pun tidak. Kaget berdua. Dan kami diam, lihat-lihatan,” ujar Fitri Handari bercerita kepada Komisi III DPR RI yang bretamu ke kediaman Idham di Jalan Panglima Polim III, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Komisi III DPR mendatangi kediman Idham sebagai bagian dari proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri. Penetapan Idham menjadi Kapolri akan dilakukan dalam Rapat Peripurna DPR RI, Kamis ini.

Komjen Idham Azis menceritakan detik-detik dirinya diminta menjadi calon Kapolri oleh Presiden Joko Widodo. Idham mengatakan, dia tak memiliki firasat akan dipanggil Presiden Jokowi untuk menggantikan posisi Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Hal ini disampaikan Idham, ketika menjawab pertanyaan dari anggota Komisi III Fraksi PKS Aboe Bakar Al Habsyi terkait perasaan Idham saat dipanggil presiden ke Istana untuk menjadi calon Kapolri.

“Saya tidak ada firasat, sama seperti yang istri saya bilang jangankan niat, mimpi pun kami tidak (jadi Kapolri),” kata Idham.

Komisi III DPR telah selesai melakukan wawancara terhadap keluarga calon Kapolri Komjen Idham Azis. Wawancara ini bagian dari rangkaian uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test. Setelah itu, uji kepatutan dan kelayakan akan dilanjutkan pukul 14.00 di ruang Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Jam 2 siang kami akan lakukan fit and proper test,” kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery (Fraksi PDIP).

Saat didatangi Komisi III DPR RI, kemarin, Idham dan Fitri, duduk berdampingan di sebuah kursi. Di samping Fitri, duduk pula Firda Athira Azis, putri ketiganya. Sementara di samping Idham, ada Ilham Urane Azis, putra sulung, yang mengenakan seragam taruna Akademi Kepolisian. Idham dan Fitri dikaruniai empat anak. Dua lainnya adalah Irfan Urane Azis (putra kedua) dan Pandu Urane Azis (bungsu).

Sebagai seorang istri dari perwira tinggi Polri, Fitri menggambarkan sosok Idham adalah suami yang memiliki sifat keras. Meski begitu, dia tak merasa itu jadi problem besar di keluarga.

Halaman
123
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved