Dibuka 11 November 2019, Daftar CPNS Harus Online

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan pendaftaran CPNS

Dibuka 11 November 2019, Daftar CPNS Harus Online
SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT
Peserta mengikuti proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Dining Hall, Jakabaring Sport City Palembang, Rabu (14/11/2018). Sebanyak 4336 peserta CPNS Kemenag Sumsel dan CPNS Kabupaten OKI. 

JAKARTA, SRIPO -- Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi resmi membuka pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019. Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan sudah menandatangani penerimaan CPNS tersebut.

“Saya hari ini menandatangani pendaftaran CPNS,” ujar Tjahjo, Senin(28/10).

Pendaftaran CPNS dibuka untuk 68 Kementerian/Lembaga serta 462 pendaftaran CPNS di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota. pendaftaran akan dibuka pada 11 November 2019 mendatang. Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id. Berdasarkan catatan, pelamar hanya boleh melamar untuk satu instansi dan formasi jabatan di Kementerian/Lembaga ataupun Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Diinformasikan juga, seluruh tahap tes akan dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tahap tes tersebut antara lain Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dimulai pada Februari 2020, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020. Pengumuman lebih lanjut terkait persyaratan pendaftaran dan lain-lain akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan masing-masing instansi.

Dalam lembaran tersebut, pelamar juga diingatkan untuk berhati-hati terhadap penipuan dalam proses seleksi CPNS 2019 ini. Itu lantaran tidak ada satupun pihak yang dapat membantu proses kelulusan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan pendaftaran CPNS. “Dari sisi BKN, Insya Allah siap. Tinggal instansi yang harus menyelesaikan semua settingan admin SSCASN dan menyiapkan format pengumuman jika sewaktu-waktu pengumuman resmi disampaikan oleh Menpan-RB,” ujar Ridwan.

Selain itu, Ridwan mengungkapkan bahwa mengenai informasi terkait pendaftaran CPNS ini, panitia seleksi nasional (panselnas) harus berkoordinasi dengan Menteri PAN-RB yang baru. Apalagi Menteri PANRB yang baru juga harus diberi waktu untuk mempelajari dan mengambil keputusan dalam waktu singkat.

Pengumuman pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 molor. Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara atau BKN akan mengumumkan pengadaan rekrutmen CPNS 2019 pada 25 Oktober 2019. Namun, untuk penetapan formasi telah diumumkan sejak Kamis (24/10).

Ada 5 formasi yang dibuka, yakni guru, dosen, pegawai kesehatan, pegawai fungsional, dan pegawai teknis lainnya. (zal/kps/wly)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved