Human Interest Story

Susi Pudjiastuti Pulang Kampung ke Pangandaran, Saya Orang Laut Harus Peduli Laut

Mereka sengaja menunggu dan menyambut Susi yang kembali ke Pangandaran setelah melepas jabatan menteri.

Susi Pudjiastuti Pulang Kampung ke Pangandaran, Saya Orang Laut Harus Peduli Laut
KOMPAS.COM/CANDRA NUGRAHA
Masyarakat Pangandaran mengerumuni Susi Pudjiastuti yang baru tiba di landasan pacu Pamugaran, Sabtu (26/10/2019). 

"SELAMAT Datang Bu Susi Pudjiastuti", "Sugeng Rawuh Bu Susi, Welcome back on The District Pangandaran Ibu Susi Pudjiastuti", atau "Terima kasih atas kerja keras dan prestasimu selama ini". Itulah kalimat yang dituliskan warga di spanduk sebagai ucapan selamat datang kepada Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikatan.
========
Ya, ribuan masyarakat, pelajar sekolah dasar, dan menengah menyambut kedatangan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di landasan pacu (beach strip) Pamugaran, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (26/10) pagi. Mereka sengaja menunggu dan menyambut Susi yang kembali ke Pangandaran setelah melepas jabatan menteri.

Seorang pelajar MTs 1 Pangandaran, Dicky Fazran mengatakan, ia bersama teman-temannya sudah berada di landasan pacu pukul 06.00 WIB. Sebelum ke lokasi penyambutan, ia berkumpul di sekolah kemudian sama-sama pergi ke Pamugaran dengan temannya. "Semua pelajar ke sini menyambut Bu Susi," kata Dicky.

Pelajar lainnya, Yuni, siswa SD 5 Wonoharjo mengatakan, ingin bertemu langsung dengan Susi. Yuni berharap, Susi kembali menjadi menteri lagi. "Iya, inginnya Ibu jadi menteri lagi," kata dia.

Susi tiba dengan pesawat Susi Air nomor penerbangan PK-BVP di landasan pacu Pamugaran. Ribuan warga pun menyambut kedatangan Susi tersebut dengan antusias. Warga saling berebut dan menyalami Susi.

Bagi Susi Pudjiastuti, tak menjadi menteri bukan berarti berhenti mencintai dan menjaga laut Indonesia. "Saya orang laut, harus peduli laut," kata Susi di kampung halamannya di Pangandaran, Jawa Barat.

Saat itu Susi sempat berkata kepada warga bahwa tugasnya sudah usai sebagai menteri. Susi menyampaikan rasa syukur karena pekerjaannya sebagai menteri telah selesai dijalankan. "Alhamdulillah, kerjaan saya purna," kata dia.

Susi resmi melepas jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan kepada Edhy Prabowo, usai acara serah terima jabatan di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (23/10). Susi pun merasa senang saat mengetahui bahwa Edhy yang dipilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan dirinya. Menurut Susi, Edhy adalah orang yang dia kenal dengan baik dan mengetahui semua program KKP.

Setelah tak lagi menjadi menteri, Susi mengaku ingin liburan. Dia tidak ingin menjelaskan lebih jauh ke mana akan berlibur. Sebab jika dia bilang, khawatir awak media akan mengikutinya. "Ya rahasia dong nanti kalian ngikutin lagi ah," selorohnya, di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Rabu (23/10) lalu. (kompas.com)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved