Bulan Bahasa, Padukan Literasi Dan Kewirauhaan

Bulan Oktober dipilih sebagai bulan Bahasa merujuk pada sejarah bangsa, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda

Bulan Bahasa, Padukan Literasi   Dan Kewirauhaan
ist
Dr. Kencana Sari, M.Pd

Bulan Bahasa, Padukan Literasi   Dan Kewirauhaan

Oleh : Dr. Kencana Sari, M.Pd

Analis Pelaksana Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Provinsi. Sumatera Selatan dan Tenaga Pengajar Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang..

Bulan Oktober dipilih sebagai bulan Bahasa merujuk pada sejarah bangsa, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, dan ditetapkan juga sebagai Bahasa resmi ma­syarakat.

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki keragaman ras, suku, budaya, bahasa.  

Bulan Bahasa belum banyak diketahui masyarakat banyak kecuali di ka­langan akademis, penggiat literasi, pemerhati bahasa.

Bahasa memiliki nilai penting sebagai pe­mersatu bangsa, manusia sebagai makluk sosial  membangun interaksi, berkomunikasi melalui ba­hasa resmi yakni bahasa Indonensia.

Literasi dan bahasa yang menjadi landasan pertumbuhan intelektual di tengah masyarakat global dan  individu terpelajar,  menjadi sangat penting untuk perkembanganya anak bangsa.

Terkait de­ngan literasi dan kewirausahaan, muncul permasalahan terbesar dalam dunia pendidikan kita saat ini yakni, output yang dihasilkan bukan sebagai opportunity creator melainkan yang ber­men­tal output waiting for the opportunity comes.

Dampak dari permasalahan antrian panjang pen­cari kerja yang terus bertambah dan pendidikan yang sejatinya mempersiapkan peserta didik bukan sebagai pencari kerja namun sebagai pencipta gagasan.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved