Berita Musirawas

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Musirawas dan GMNI Gelar Lomba Bercerita Bahasa Silampari

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Musirawas dan GMNI Gelar Lomba Bercerita Bahasa Silampari

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Musirawas dan GMNI Gelar Lomba Bercerita Bahasa Silampari
SRIPOKU.COM/Ahmad Farozi
Dien Candra, Plt Kadispora Musirawas 

Laporan wartawan Sripoku.com Ahmad Farozi

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Musirawas dan GMNI Gelar Lomba Bercerita Bahasa Silampari

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Musirawas bersama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menggelar lomba bercerita lucu (semacam stand up komedi) menggunakan bahasa Silampari, atau bahasa khas masyarakat Kabupaten Musirawas, Lubuklinggau dan Muratara.

Bahasa yang bisa digunakan untuk mengikuti lomba tersebut antara lain Bahasa Col atau bahasa Marga Sindang dan bahasa Musi.

Selain itu, peserta lomba juga dapat menggunakan bahasa Jawa, karena sebagian penduduk diwilayah Silampari ini yang merupakan warga transmigran dari Jawa, masih menggunakan bahasa Jawa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora Kabupaten Musirawas, Dien Candra mengatakan, lomba ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019.

Karena itu, pesertanya merupakan pemuda berusia 16 tahun sampai dengan 40 tahun yang berdomisili diwilayah Silampari atau wilayah Musiawas, Lubuklinggau dan Muratara.

Wong Kito Antusias Jadi Artis Dangdut, LIDA 2020 Mencari The Next Rara di Palembang

Tak lagi Ditutupi, Citra Kirana Resmi Dilamar Rezky Aditya, Momen Pertemuan Pertama Jadi Sorotan!

Cegah DBD, Camat Gandus Turun Langsung Lakukan Fogging dan Penyuluhan ke Warga Perum Pemkot

"Peserta bisa memilih bahasa yang digunakan untuk bercerita dalam ajang lomba ini. Bisa pakai bahasa Col atau bahasa Marga Sindang, bisa juga bahasa Musi dan juga bisa menggunakan bahasa Jawa, sesuai dengan kefasihan masing-masing" kata Dien Candra, kepada Sripoku.com, Minggu (27/10/2019).

Dikatakan, lomba ini digelar di halaman Kantor Bupati Musirawas, usai upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 91, Senin (28/10/2019).

Tujuan digelarnya lomba kreatif ini antara lain agar para pemuda diwilayah Silampari, dapat mengenal lebih jauh ragam bahasa yang ada diwilayah ini. Karena wilayah ini memiliki bahasa yang sangat beragam.

Volum Resto Cafe and Social House, Tempat Nongkrong Paket Lengkap Menikmati Sajian Nusantara

BREAKING NEWS : Orang tak Dikenal Lempari Kotoran ke Masjid yang ada di Gandus, Terekam Kamera CCTV!

Nyaris Bugil, Nikita Mirzani Nekat Pose Tanpa Baju di Depan Pria, Hanya Gunakan Celana Dalam

Selain itu, lomba bercerita lucu menggunakan bahasa Silampari ini juga untuk menyatukan para pemuda yang ada diwilayah Silampari dan menumbuhkan kecintaan terhadap budaya bahasa lokal.

"Alhamdulillah, peminat lomba bercerita atau bertutur menggunakan bahasa Silampari ini lumayan banyak. Sampai saat ini sudah 30-an peserta yang mendaftar," kata Dien Candra.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved