Human Interest Story

Susi Teteskan Air Mata

Saat memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan tersebut, Susi mengaku senang karena yang menggantikan dia adalah sosok yang dia kenal.

Susi Teteskan Air Mata
ist
Menteri Susi Pudjiastuti 

SUASANA haru terjadi saat acara serah terima jabatan menteri kelautan dan perikanan di Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (23/10). Susi Pudjiastuti terlihat meneteskan air mata saat menerima kenang-kenangan dari kementerian yang dia pimpin selama lima tahun terakhir.

Momen itu terjadi saat Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Poerbowo membacakan puisi dari sebuah karikatur yang diberikan untuk Susi Pudjiastuti. Karikatur tersebut menggambarkan laut, ikan dan wajah Susi.

Saat memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan tersebut, Susi mengaku senang karena yang menggantikan dia adalah sosok yang dia kenal, yaitu Edhy Prabowo. Susi mengatakan Edhy Prabowo telah mengetahui perjuangan dan permasalahan di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Perubahan adalah hal yang biasa, tapi saya senang yang masuk ke KKP bukan orang asing. Dia adalah orang yang biasa saya temui beberapa bulan sekali. Kadang minum kopi bareng,” ujar Susi.

Susi Pudjiastuti tidak lagi khawatir kelautan Indonesia tidak akan sejahtera. Susi percaya kelautan Indonesia akan terus berdaulat, berkelanjutan dan sejahtera karena berada di bawah kendali Edhy Prabowo.

“KKP ini adalah my passion in the last five years. Cinta saya, kerja keras saja, semua akan dilanjutkan Pak Edhy,” kata Susi.

Pada kesempatan tersebut Susi juga menitipkan tiga pesan kepada Edhy Prabowo. Pesan pertama adalah mempertahankan dan tidak merevisi Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016. Peraturan presiden tersebut adalah komitmen Presiden Joko Widodo untuk menutup sektor perikanan tangkap dari tangan orang asing dan pemodal asing untuk menangkap ikan di laut Indonesia.

Susi juga berpesan kepada Edhy untuk mampu menjaga laut dari orang yang menggunakan alat penangkap ikan yang berbahaya. “Saya berharap Bapak dapat melindungi laut dari orang-orang yang hendak menangkap ikan menggunakan cantrang, bom atau peledak. Itu dapat merusak laut kita,” ujar Susi.

Pesan ketiga Susi adalah menjaga laut Indonesia karena dari sumber protein masyarakat Indonesia berasal dari sana. Susi berharap selama masa kerjanya Edhy Prabowo dapat menyesuaikan diri terhadap pola kerja yang sudah ada.

“Semoga nanti saat Pak Edhy bekerja tidak menurunkan speed yang sudah ada sehingga pekerjaan di kantor ini bisa berjalan secara baik,” kata Susi.

Edhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti mengajak keluarga mereka saat acara pisah sambut ini. Susi Pudjiastuti hadir bersama Nadine Kaiser, putrinya. Edhy mengajak istri, tiga anak dan ibunya.

“Jangan salah sangka, ya. Ini istri saya, bukan anak perempuan saja,” ujar Edhy. (Tribun Network/fid/Kompas.com)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved