Perum Jamkrindo Realisasikan Penjaminan Kredit Sentuh Rp3,6 Triliun

Perum Jamkrindo Wilayah II Palembang per September lalu telah telah merealisasikan penjaminan kredit sekitar 70 persen dari target penjaminan 2019.

Perum Jamkrindo Realisasikan Penjaminan Kredit Sentuh Rp3,6 Triliun
sripoku.com/jati
Pemimpin Perum Jamkrindo Kantor Wilayah II Palembang, Adnan Lukman Hatta saat memberikan bantuan kepada kebakaran di kawasan Tangga Buntung beberapa waktu lalu, Rabu (23/10/2019). 

Laporan wartawan sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Perum Jamkrindo Wilayah II Palembang per September lalu telah telah merealisasikan penjaminan kredit sekitar 70 persen dari target penjaminan 2019.

Angka realisasi tersebut setara dengan Rp 3,6 triliun.

Pemimpin Perum Jamkrindo Kantor Wilayah II Palembang, Adnan Lukman Hatta, mengatakan tahun ini target penjaminan kredit dari perusahaan adalah untuk 50 ribu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan volume penjaminan sebesar Rp 5,2 triliun.

"Kami optimistis target tersebut bisa tercapai hingga akhir tahun," katanya pada kegiatan pemberian bantuan bagi korban kebakaran di kawasan Tangga Buntung beberapa waktu lalu, Rabu (23/10/2019).

Dia menjelaskan, sejauh ini Jamkrindo telah menjamin kredit untuk sekitar 40.000 pelaku UMKM dengan volume pinjaman mencapai selama 2019.

"Pelaku UMKM yang dijamin kreditnya tidak hanya yang berada di Kota Palembang tetapi juga di 16 kabupaten dan kota lainnya," jelas dia.

Selain itu, Perum Jamkrindo juga melakukan pemeringkatan UMKM.

Saat ini, Perum Jamkrindo memiliki jaringan kerja di 9 kantor wilayah, 1 kantor cabang khusus, 56 kantor cabang, dan 16 kantor unit pelayanan (KUP).

Ia mengatakan, produk untuk mendukung program pemerintah adalah penjaminan kredit usaha rakyat (KUR), penjaminan kredit pemilikan rumah (KPR) sejahtera dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), dan penjaminan sistem resi gudang.

Adapun produk non-program adalah penjaminan kredit atau pembiayaan umum, penjaminan kredit atau pembiayaan mikro, penjaminan kredit atau pembiayaan konstruksi dan pengadaan barang jasa, penjaminan kredit dan pembiayaan multiguna, penjaminan distribusi barang, penjaminan bank garansi kontra garansi, dan surety bond.

Selain itu, ada pula produk penjaminan kredit BPR maupun BPRS, custome bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan invoice financing, penjaminan skema subsidi resi gudang, dan penjaminan fintech.

Adnan menambahkan, bentuk kepedulian Perum Jamkrindo melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) menyalurkan bantuan berupa sembako, alat tulis, peralatan tidur, dan peralatan mandi kepada korban bencana tersebut.

Dikatakannya, bantuan yang diberikan kepada para korban yang kehilangan rumahnya bertujuan agar dapat meringankan sedikit beban pada korban.

"Semoga bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban saudara kita." ujarnya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved