Inti Apel Perdana Mendagri Tito Karnavian, Status Pernah Jadi Kapolri Dibawa-bawa

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akhirnya memimpin apel untuk pertama kalinya setelah didapuk menempati posisi ini.

Inti Apel Perdana Mendagri Tito Karnavian, Status Pernah Jadi Kapolri Dibawa-bawa
Tribunnews
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. 

SRIPOKU.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akhirnya memimpin apel untuk pertama kalinya setelah didapuk menempati posisi ini.

Adapun peserta apel yang datang Kamis (24/10/2019) adalah pegawai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pada apel ini, salah satu yang menjadi prioritas Kemendagri saat ini adalah menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri.

"Posisi Kemendagri sebagai tulang punggung pemerintahan, mesti menjaga stabilitas politik saat ini yang berdampak pada stabilitas keamanan dalam negeri.

Politik, hukum, dan keamanan saling terkait, terutama goncangan yang berasal dari politik dan ideologi, ini akan berdampak luas," ujar Tito.

Tito menjelaskan, menjaga stabilitas politik usai pemilu dan pengumuman kabinet mesti dijaga dari goncangan politik yang bertujuan untuk menimbulkan perpecahan dan konflik.

Menjaga stabilitas politik, lanjutnya, menjadi tugas pokok Kemendagri. Apalagi, kabinet Indonesia Maju baru dibentuk sehingga kestabilan belum terwujud.

"Kabinet baru kan biasanya belum stabil, tapi kita berusaha menjaga stabilitas. Kita juga tahu akhir-akhir ini terjadi cukup banyak gejolak.

Saat saya jadi Kapolri, setiap hari monitor demo-demo yang berhubungan dengan UU kontroversial," papar mantan Kapolri periode 2016-2019 ini.

Tito menyebut gejolak politik seperti aksi massa menolak UU kontroversial, baik yang telah disahkan oleh pemerintah maupun yang dibahas ulang oleh DPR periode 2019-2024, menjadi salah satu tugas yang perlu diselesaikan oleh kementerianya guna menjaga stabilitas politik.

"Baru-baru ini seperti RKUHP, UU Ketenagakerjaan, pertahanan, dan lainnya menjadi salah satu tema yang diangkat dalam aksi massa.

Ini pasti akan menimbulkan gejolak politik," imbuhnya kemudian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apel Pertama, Mendagri Tito Karnavian Sebut Akan Jaga Stabilitas Politik "

Editor: Refly Permana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved