Insentif tak Diatur Dalam PM 118

Nelson menyarankan kepada kedua belah pihak agar duduk bersama mencari jalan tengah atas permasalahan insentif.

Insentif tak Diatur Dalam PM 118
ISTIMEWA
Taksi Online. 

PALEMBANG, SRIPO -- Permasalahan pemotongan bonus atau insentif oleh PT Gojek Indonesia (GI) cabang Palembang terhadap para driver, mendapatkan tanggapan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel.

Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Nelson Firdaus mengatakan, dalam permasalahan antara driver taksi online dengan PT Gojek Indonesia pihak tak bisa mencampuri langsung permasalahan dan melakukan intervensi pihak aplikator. Sebab, kebijakan mengenai bonus atau insentif yang diberikan kepada para mitra driver tidak diatur di dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No. 118 tahun 2018 tentang penyelenggaraan angkutan sewa khusus.

"Kita tidak bisa mencampuri urusan itu (insentif), karena kebijakan tersebut tidak masuk dalam PM No 118. Yang diatur itu tarif batas dan bawah," katanya, Senin (21/10).

Meski tak bisa mencampuri secara langsung polemik tersebut, namun Nelson menyarankan kepada kedua belah pihak agar duduk bersama mencari jalan tengah atas permasalahan insentif. Jangan sampai lantaran kebijakan baru itu ada pihak yang dirugikan.

"Kedua belah pihak harus duduk bersama mencari solusinya. Jangan sampai ada yang dirugikan," ujar Nelson.

Selain itu, ia juga mengimbau para driver taksol yang merupakan angkutan sewa khusus wajib berada di bawah naungan badan usaha atau dalam bentuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

Ke depan para driver taksi online tak bisa lagi menarik penumpang secara perseorangan. Sebab, angkutan sewa khusus harus memiliki persyaratan berada di bawah naungan badan usaha. Setelah dinyatakan berada di dalam naungan badan usaha, barulah nanti Dishub Sumsel akan mengeluarkan izin penyelenggaraan angkutan khusus.

"Para driver wajib mengajukan izin badan usaha ke kita, atau boleh juga bergabung di bawah naungan badan usaha. Gabung badan usaha itu wajib sesuai PM 118," kata Nelson. (oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved