Waspada Fintech Ilegal Bukan Cuma Akses Data Pribadi Tapi Juga Minta Foto Bugil

Waspada Fintech Ilegal Bukan Cuma Akses Data Pribadi Tapi Juga Minta Foto Bugil

Waspada Fintech Ilegal Bukan Cuma Akses Data Pribadi Tapi Juga Minta Foto Bugil
http://www.hoyapreneurs.org/
Fintech. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing meminta masyarakat jeli memilih dana talangan dan keuangan meski saat terdesak sebab jika tidak akan berakibat vatal apalagi jika meminjam dana tunai pada fintech ilegal.

Fintech lending ilegal alias abal-abal meresahkan masyarakat karena menjerat dengan bunga tinggi, waktu pengembalian singkat juga penagihan kasar dengan cara intimidasi hingga pelecehan seksual yakni debt collector meminta foto bugil pengguna fintech.

Parahnya lagi debt colector ini juga melecehkan dengan memberikan dua pilihan yakni melunasi semua hutang satu kali angsuran atau pikihan kedua nasabah diminta mengirimkan foto bugil sebagai jaminan utangnya.

"Lebih parah lagi ada debt collector yang menagih secara kasar dengan meminta video call sex dan dia akan membayar lunas utang nasabah yang menunggak," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Tongam mengatakan cara mudah mengenali fintech ilegal yakni yang meminta dapat akses kontak dan data pribadi di handphone pengguna.

"Fintech ilegal ini juga memiliki identitas yang tidak jelas, apakah bentuknya PT atau Koperasi. Kemudian, mereka juga tidak memiliki alamat kantor yang jelas," tambahnya.

Bunga yang diberikan juga sangat besar, berbeda dengan fintech legal yang memiliki batasan bunga dan batasan denda untuk setiap peminjam yang menunggak. 

Fintech legal juga terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kinerjanya terus diawasi dan langsung ditindak jika melanggar.

Sementara itu finceth ilegal tidak terdaftar pada OJK dan kerap melancarkan kinerjanya dengan aturan sendiri.(rel)

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved