Berita OKU Selatan

Ciptakan Masyarakat yang Religius Sebanyak 40 Khatib di Buay Rawan OKU Selatan Ikuti Pelatihan

Guna menciptakan kader-kader Da'i muda yang teladan mampu membangun spiritual umat dilakukan pelatihan Khatib.

Ciptakan Masyarakat yang Religius Sebanyak 40 Khatib di Buay Rawan OKU Selatan Ikuti Pelatihan
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Pelatihan 40 Khatib di Masjid Al-Hasyim Kecamatan Buay Rawan Kabupaten OKU Selatan, Kamis (17/10/2018). 

Laporan wartawan sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA--Guna menciptakan kader-kader Da'i muda yang teladan mampu membangun spiritual umat dilakukan pelatihan Khatib.

Sebanyak 40 orang peserta remaja di Masjid Al-Hasyim perwakilan dari masing-masing desa di Kecamatan Buay Rawan OKU Selatan mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalu I Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Joni Rafles,AP.,M.Si. mengatakan, bahwasanya pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan syariat Islam dan meningkatkan peran khatib dan imam dalam pembinaan spiritualitas masyarakat.

“Pelatihan bagi khatib dan imam sangat bermanfaat. Mengingat peran dan kedudukan kedua pemuka agama tersebut yang selalu berinteraksi dengan masyarakat dalam kegiatan-kegiatannya,” ujarnya.

OVI Siap Maju Pilkada Serentak 2020, Soal Kasus Narkoba, Itu Masa Lalu yang tak Ingin Diulang

Jagad, Pembunuh Ketua Waria Palembang Divonis 17 Tahun Penjara Melanggar Pasal 338 KUHP

Warga Lembak Muaraenim Diamankan di Polsek Gelumbang karena Membuka Lahan dengan Cara Dibakar

Menurutnya, khatib dan imam selalu berhadapan langsung dengan masyarakat dalam berbagai persoalan yang terkait pembinaan umat. Terlebih di tengah kemunculan berbagai fenomena penyimpangan ajaran agama oleh pihak-pihak tertentu.

“Tugas dan tanggung jawab para khatib dan imam masjid dalam menangani berbagai isu agar dapat diselesaikan dengan baik," ucapnya.

Diharapkan kepada Imam dan khatib agar dapat bersinergi dalam menjaga akidah umat yang juga dapat menjadi saluran informasi bagi masyarakat tentang berbagai kebijakan dan program-program pemerintah.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menilai pendidikan dan pembinaan umat melalui khutbah dan ceramah adalah satu di antara aksi penting untuk meningkatkan wawasan keislaman bagi masyarakat.

Pelatihan tersebut dengan narasumber perwakilan dari Kementrian Agama Syarif S.Ag, M.Pd.I dan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Joni Rafles,AP.,M.Si. hadir dan membuka secara langsung Pelatihan Khatib bagi Remaja Masjid Kecamatan Buay Rawan di Masjid Besar Al-Hasim, Kamis (17/10/2019).

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved